Dimanapun tempat anda menginap, kemanapun Destinasi Wisata anda di kota Garut, pastikan HDG Team yang mendampingi liburan anda!

Sabtu, 08 Agustus 2015

Daftar Tempat Wisata Ziarah di Garut

Garut, Garut memang memiliki banyak keunikan dan keberagaman, baik keberagaman budayanya, keberagaman tempat wisatanya ataupun keberagaman wisata kulinernya. Tetapi yang memang cukup terkenal di Gaut. Tetapi di Garut juga tidak hanya memiliki Tempat Wisata di Garut Populer dan Terbaik hanya unuk anda berlibur saja, namun ada Garut juga memiliki wisata rohani atau ziarah. Menemukan Makanan dan Oleh-Oleh Khas Garut serti dodol Garut dan jeruk Garut memang sudah biasa para pengunjung wisata temukan di Garut. 

Namun yang jarang para pengunjung dapatkan ketika berlibur ke kota Garut adalah reuni dan buka bersama dengan teman-teman semasa sma atau semasa kuliah dulu. Tetapi anda jangan khawatir, karena kini HDG Team trip planner & event organizer sudah membuka sebuah acara Paket Reuni dan Buka Bersama HDG Team yang ingin melakukan buka bersama dengan semua teman semasa sewaktu masih sekolah dulu.



 

Namun yang akan saya jelaskan dalam artikel kali ini adalah Daftar Tempat Wisata Ziarah di Garut. Wisata ziarah bukanlah wisata yang menyeramkan, wisata ziarah ini merupakan salah satu penghormatan atau penghargaan kita kepada orang-orang yang bersejarah dalam penyebar agama islam di Garut. Wisata ini sudah tak asing lagi bagi kalangan wisatawan yang berasal dari Garut maupun yang berasal dari berbagai daerah lainya. Diantara wisata ziarah tersebut diantaranya adalah :

Wisata Ziarah Makam Godog terletak di kampung Godog, Desa Lebak Agung, Kecamatan Karangpawitan Garut. Letaknya pun tak jauh dari pusat kota Garut, anda dapat berkunjung ke tempat ini dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Tetapi dari parkiran anda harus berjalan kaki kira-kira 20 menit untuk sampai ke tempat tujuan. Di makam Godog ini terdapat 9 makam diantaranya adalah satu makam Sunan Kian Santang yang berada di atas Gunung dan delapan lainya penggiring atau punggawanya Kian Santang yang berada di bawah gunung. Selain itu, di tempat ini juga terdapat sebuah terdapat menginap atau beristirahat. Selain itu, disini juga terdapat benda-benda pusaka yang terawat dengan baik oleh petugas makam.




Makam Eyang Papak merupakan makam pengeran papak yang hidup dipertengahan abad ke-19 Masehi dikenal dengan julukan Sunan Papak. Mempunyai seorang arti yang berbudi pekerti luhur dan tak pernah membeda-bedakan harkat manusia (Papak berarti : rata, sama-indonesia). Anjuran kepada masyarakat agar hati selalu tentram. Dalam Bahasa Sunda beliau memberi nasihat Ulah milu kabingung, miara kasusah, sangkan aya dina kagumbiraan manah yang berarti Jangan bingung dan miara kasusah agar hati selalu tetap gembira. Makam Eyang Papak atau bernama asli Raden Wangsa Muhamad adalah merupakan kyai yang cukup terkenal di Tatar Sunda. Makam Eyang Papak sendiri berada di Desa Cinunuk Kecamatan Wanaraja Garut.



 
3. Makam Sunan Cipancar Limbangan
Selain terkenal dengan Makanan Oleh-Oleh Khas Garut, Garut juga terkenal dangan Tempat Wisata Populer dan Terbaik di Garut baik tempat wisatanya, pegunungannya ataupun tempat ziarah yang memang cukup terkenal di kalangan masyarakat, khususnya masyarakat Sunda. Satu lagi tempat ziarah yang memang cukup terkenal di masyarakat Garut adalah Makam Sunan Cipancar atau yang bernama asli Liman Senjaya Kusumah.





Sunan Cipancar merupakan salah satu tokoh ulama sekaligus ummara yang peranya tak bisa di abaikan pada masa penyebaran islam di pedalaman Jawa Barat., Khusunya Garut. Selain Eksis di penyebaran islam ia pun tokoh yang menurunkan bupati-bupati Limbangan. Di makam ini terdapat Barang-barang pusaka yang memang masih sangat terjaga. barang-barang pusaka itu selalu di pakai ketika berziarah pada tanggal tertentu dan di lakukan oleh para penjaga makam.

4. Situs Ciburuy Bayongbong 
Satu lagi yang termasuk kedalam daftar tempat wisata ziarah di Garut yang banyak dikunjungi para peziarah adalah berupa situs yang merupakan tempat peninggalan barang-barang pusaka yang cukup ternama. Diantarra barang-barang pusakanya adalah : keris, bande (lonceng yang terbuat dari bahan perunggu), Kujang (senjata Prabu Siliwangi), trisula, tombak, dan tulisan-tulisan kuno yang terbuat dari daun lontar dan nipah yang ditulis oleh Prabu Kian Santang sendiri.





Jadi bila anda ingin mengunjungi daftar beberapa tempat wisata di Garut yang cukup terkenal dengan sejarahnya anda dapat langsung datang ke HDG Team trip planner & event organizer untuk mendapatkan info detail tentang tempat-tempat wisata ziarah tersebut. Selain itu, jika anda ingin mengadakan ziarah dengan rombongan yang cukup banyak dan bingung untuk mengaturnya, anda juga bisa mendapat dampingan HDG Team sebagai salah satu pemandu terbaik yang ada di kota Garut, anda dapat menghubungi Telp. (0262) 543149 atau bisa langsung datang ke CV Hotel di Garut yang beralamat di Kp. Jambansari Rt. 04 Rw.04 Bayongbong - Garut, dengan E-mail www.wisatadigarut@gmail.com.



Posted by: HDG Team Trip Planner Tour Organizer
Hotel di Garut Updated at: 09.46

0 komentar:

Poskan Komentar