Tempat Rekreasi Kawah Kamojang Garut

shares

Objek Wisata di Garut salah satunya adalah Kawah Kamojang Garut terletak di daerah Kamojang Kecamatan Samarang letaknnya di bawah Gunung dan suhunya pun cukup dingin, tapi yang menjadikan istimewa objek wisata ini bukan karena suhunya yang extrim melainkan kawah yang disemburkan di beberapa titik di daerah Kamojang Samarang Garut.









Kawah inilah yang di jadikan tenaga uap oleh PLTU Kamojang, Pertamina dan Indonesia Power. Menurut kuncen (penjaga) yang menjaga daerah tersebut uap yang di semburkan di daerah kamojang baik untuk kesehatan terutama kesehatan kulit banyak wisatawan yang berdatangan hanya untuk mandi uap di kamojang, uapnya bau belerang tapi menyegarkan untuk pernapasan karena cocok dengan udara yang dingin disana terdapat uap yang panas dan dapan menghangatkan kulit. 

Uap yang di hasilkan atau yang di semburkan berbeda beda untuk uap yang di hasilkan diatas disemburkan dengan tidak agresif dan cukup tenang tempatnya juga besar nah disitulah wisatawan bisa mandi uap tentunya dengan panduan penjaga tempat, dan yang menarik lagi ketika si kuncen membawa telur mentah dan direbus di dalam air hasil uap tersebut dan dengan cukup 10 menit telur berubah matag dan layak makan.







Uap yang cukup agresif bisa kita temukan di bawahnya mungkin karena semburan yang di hasilkan sangat kencang maka pengelola tempat tersebut membatasi dengan pagar besi agar wisatawan tidak terlalu dekat dengan sumber uap tersebut karena cukup berbahaya, banyak wisatawan yang penasaran dengan melempar botol aqua atau kresek ke semburan tersebut dan itupun menjadi tontonan yang menarik. 

Tempat Wisata di Garut Kawah kamojang memang slah satu tempat wisata yang bisa diacungi jempol tapi sayang akses jalan yang lumayan terjal dan akses jalan yang menuju lokasi nisa di bilang buruk mejadikan wisatawan harus berfikir 2 kali kesana karena kendaraan yang di gunakan harus memakai ban khusus bila di paksakan tak sedikit wisatawan yang megalami kebocoran ban.

Kawasan Kawah Kamojang adalah kawasan wisata pegunungan yang alami, terletak di perbatasan Bandung – Garut, tepat nya di Kec. Ibun. Pegunungan Kamojang adalah pegunungan yang memiliki gas panas bumi yang aktiv dan merupakan Lokasi Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Pertama Di Indonesia.
 
PLTU Kamojang

Perjalanan ke Kawah Kamojang bisa lewat Garut (Tol Cileunyi, Cicalengka, Garut – Samarang) atau (Tol. Cileunyi, Rancaekek, Majalaya, Paseh – Kamojang) or lewat (Tol Moh. Toha,/ Tol. Buah Batu, Baleendah, Ciparay, Majalaya, Paseh-Kamojang), dalam perjalanan kita akan disuguhkan dengan pemandangan alam pegunungan yang sejuk serta pesawahan2 yang elok. Selain itu kita juga akan di hadapkan dengan Track2 yang cukup menantang karena jalur menuju Kamojang banyak sekali tanjakan yg cukup “killer” Tanjakan yg paling killer namanya tanjakan “Monteng”.
 
Tanjakan Monteng

Kawasan tanjakan monteng ternyata memiliki objek wisata yang cukup menarik nama nya “Curug Madi”, Curug ini ga terlalu tinggi tapi sangat indah banget sekali pisan lagh…lokasi nya terletak di bawah tanjakan monteng dan hanya bisa di tempuh dengan berjalan kaki atau menggunakan motocross Jarak nya kurang lebih 5 km dari tanjakan monteng.
 
Curug Madi

Selain curug dan kawah ternyata kamojang juga memiliki danau yang indah & natural nama nya “Danau Ciharus” Kawasan Danau Ciharus terletak di sebelah Kulon kawah kamojang kawasan danau ciharus terlatak ditengah hutan yang lebat & diapit oleh gunung yg cukup lebat . Perjalanan ke danau ciharus bisa ditempuh dengan mengunakan motocross bagi yang punya yang ga punya motocross ya olahraga kaki saja lah alias Cokorcross He..he…
 
Sasak Gombreng ” Sasak di belakang PLTU dan merupakan jalur menuju Danau Ciharus”
 
Danau Ciharus

Kawah-kawah yang terdapat di Kamojang.
  • Kawah Manuk, adalah kawah pertama yang akan kita lihat jika memasuki kawasan wisata kamojang.
  • Kawah Kereta Api, adalah kawah yg unik karena hanya terlihat semburan uap berwarna putih saja dan bunyi nya buzzz…kenceng.
  • Kawah Hujan, adalah kawah yg paling unik karena kalo kita berada di kawah tersebut otomatis baju kita akan sedikit basah terkena semburan uap yg lembut seperti hujan gerimis.
  • Kawah Beureum, adalah kawah terakhir yg berada di kawasan wisata kamojang.
  • Pemandian Air Panas Terbuka (open sauna) letak nya di sekitar bumi perkemahan kamojang.

Selain kawah, air terjun & danau kamojang juga memiliki hutan pinus yang lebat, cantik serta indah di pandang mata.
 
Hutan Pinus Kamojang.
Satu lagi bahasan yang hampir saja saya lupakan yaitu “Bumi Perkemahan Kamojang” Bagi anda2 yang suka Camping, Kawasan ini dijamin bisa memuaskan anda, karena fasilitas nya komplit banget diantaranya : Kawasan rumput hijau di kelilingi pepohonan yang rimbun asyik banget untuk pasang tenda disana, kamar mandi & toilet pria & wanita yg terpisah, Mushola lengkap dengan pancuran untuk wudhu, rumah pohon, gazebo (saung), bagi anda penggemar olahraga outbound di sana juga tersedia flying fox, & terkahir yang paling special adalah tempat pemandian air panas gratis…apalagi kalo turun hujan… uenak tenan…
Taman Kamojang

Kawah Kamojang menjadi salah satu objek wisata menarik yang menjadi tujuan wisata oleh para wisatawan yang berlibur ke kota Garut. Untuk mendapatkan harga terbaik anda bisa menghubungi www.hoteldigarut.net dan memilih paket wisata yang tepat serta efektivitas waktu yang memadai apalagi jika didampingi oleh tour guide hotel di Garut yang terdiri dari mojang / jajaka multi talent yang paham situasi dan kondisi di Garut.

Begitupun jika anda ingin mengetahui informasi lengkap Hotel dan Penginapan yang jaraknya dekat dari lokasi wisata Kawah Kamojang serta peta perjalanan dan rutenya bisa menghubungi admin dari situs www.hoteldigarut.net

Related Posts

0 komentar: