Info Cukang Taneuh (Green Canyon) Pangandaran + Tiket Masuk & Penginapan Terdekat

shares

Green Canyon, Wisata di Garut kini sudah masuk ke pembahasan yang berikutnya, yang masih berhubungan dengan Tempat Wisata di Pangandaran Yang Layak Disinggai. Green Canyon bukan hanya terletak di Amerika sana, akan tetapi di Pangandaran Jawa Barat juga tersedia. Anda mungkin belum tahu wisata ini, karena belum pernah mengunjunginya. Oleh karena itu wisata ini wajib untuk Anda datangi atau kunjungi bareng teman, sahabat, pacar maupun sama keluarga. 


Cukang Taneuh / Green Canyon

Green Canyon Pangandaran

Green Canyon Pangandaran merupakan salah satu tempat wisata di Pangandaran dengan suasana alam yang memukau dengan iklim yang tropis. Tempat wisata ini terbilang sangat unik karena pemandangan dan suasananya tak akan pernah Anda lihat di tempat manapun. Sebenarnnya nama untuk green canyon ini lebih dikenal oleh masyarakat di Pangandaran dengan nama Cukang Taneuh. Akan tetapi karena sudah banyaknya wisatawan mancanegara yang berkunjung kesini, Tourist tersebut mengenalkan tempat wisata ini sendiri dengan nama Green Canyon. 

Tourist tersebut menyebarkan informasi tempat wisata ini ke seluruh negara dengan nama Green Canyon. Oleh karena itu, nama tempat wisata ini lebih dikenal dengan Green Canyon dari pada Cukang Taneuh. Cukang Taneuh sendiri memiliki arti Jembatan Tanah. Cukang Taneuh itu diambil dari serapan bahasa Sunda.


Lokasi 


Cukang Taneuh (Greeen Canyon) ini memang memiliki keindahan alam yang memukau. Oleh karena itu tak jarang wisatawan dari berbagai kota dan juga belahan dunia sering datang ke objek wisata ini. Meskipun lokasinya jauh, akan tetapi mereka tidak menghiraukan hal tersebut hanya untuk bisa menyaksikan sendiri keindahan alam pangandaran yang mempesona. Lokasi Cukang Taneuh ini terletak di Pangandaran tepatnya di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Ciamis Jawa Barat. 


Pemandangan & Aktivitas di Green Canyon


Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke salah satu tempat wisata populer di Pangandaran ini adalah untuk bisa melihat secara langsung pemandangan dari objek wisata ini. Selain itu, mereka juga ingin merasakan suasana disini. Selain hanya untuk upload di media social, mereka juga ingin terus menjadikan wisata di Indonesia terkenal hingga ke seluruh belahan dunia. 

Sudah tak bisa diragukan lagi pemandangan yang ada di Green Canyon ini, disana Anda bisa menikmati pemandangan yang segar karena banyak ditumbuhi tanaman-tanaman yang masih sangat alami. Diantara kedua dinding green canyon ini Anda akan takjub dengan fenomena alam yang sangat menarik, yaitu adanya stalagmit dan stalagtit yang dapat disaksikan langsung secara terbuka. 

" Stalaktit adalah sejenis mineral sekunder (speleothem) yang menggantung di langit-langit gua kapur. Nah, inilah yang sering kita lihat ada di langit-langit atas gua. Sedangkan Stalakmit adalah batuan yang terbentuk di lantai gua, hasil dari tetesan air di langit-langit gua di atasnya, letaknya ada dibawah lantai gua. Stalaktit dan stalakmit ini masuk dalam jenis batu tetes (dripstone).

Melakukan Body Rafting di Green Canyon

Body Rafting di Green Canyon

Body Rafting di Green Canyon

Oleh karena itu, setiap wisatawan yang berkunjung kesini, bisa menikmati aktivitas seeperti menyusuri sungai dan menikmati pesona hijaunya cukang taneh dengan himpitan stalagmit dan stalagtit. Kegiatan ini sangat menarik lho sobat. Apalagi jika Anda menginginkan yang lebih ekstreem yaitu melakukan body rafting disini. Pasti akan sangat mengasyikan sobat. 

Body Rafting adalah aktivitas alam menyusuri jeram dan riam di sungai. Body rafting ini berbeda dengan Arung Jeram sobat. Jika arung jeram merupakan kegiatan mengarungi sungai dengan menggunakan perahu, sedangkan body rafting yaitu arung jeram dengan menggunakan badan dan tubuh lainya sebagai perahu. Yaitu tubuh sebagai perahunya dan tangan serta kaki sebagai dayungnnya. Kegiatan Body Rafting ini akan sangat seru dilakukan bareng teman, atau seluruh karyawan kantor Anda. Pasti penat Anda akan langsung terasa hilang saat akan menikmati body rafting ini. Pengarungan sungai Cijulang ini bisa sampai 3 atau 4 jam. Untuk bisa melaksanakan kegiatan body rafting ini, Anda diharuskan membayar sebasar Rp. 200.000/ orang. Uang tersebut, sudah termasuk dengan perlengkapan body rafting, makan siang serta pemandu. 

Melakukan Penyusuran Sungai Dengan Parahu Wisata

Penyusuran Sungai Dengan Menggunakan Perahu

Selain melakukan Body Rafting, Anda pun bisa melakukan penyusuran sungai dengan cara lain. Hal ini dipersiapkan karena ada beberapa wisatawan yang takut untuk menyusuri sungai dengan body rafting. Kita dapat menyusuri sungai Cijulang yang jaraknya cukup panjang. Pengarungan sungai Cijulang ini bisa sampai 30 sampai 40 menit. 

Tiba di ujung perjalanan perahu, anda bisa menikmati indahnya pesona alam Green Canyon dari perahu atau berdiri di pelataran batu. Namun untuk persiapannya, Anda disarankan untuk membawa baju ganti karena sudah jelas meskipun nain perahu, baju Anda akan kebasahan. Untuk bisa menikmati penyusuran sungai ini dengan menggunakan perahu, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 150.000/ perahu. Setiap perahu bisa diisi dengan 5 orang. 

Fasilitas di Green Canyon


Green Canyon merupakan tempat wisata yang cukup menasional. Oleh karena itu fasiltias yang tersediapun cukup lengkap. Namun berhubung tempat wisata ini nerupakan wisata adventure jadi fasilitas yang tersedia disini diantaranya : 
  1. Tempat Parkir Yang Sangat Luas
  2. WC dan Tempat Pennggantian Baju
  3. Rumah Makan
  4. Toko Makanan & Minuman
Untuk tempat parkirnnya disini sangat luas, muat untuk masuk bus, mobil motor dan juga kendaraan lainya. Meskipun saat liburan tiba yang itu berarti banyak wisataan yang datang, insyaallah kendaraan Anda akan muat untuk parkir. Sedangkan untuk WCnya tersedia cukup banyak disana, jadi Anda tak perlu khawatir kelamaan nunggu atau gantian. 

Toko makanan dan juga minuman telah tersedia disana. Disana Anda bisa beki makanan yang ringan-ringan, oleh-oleh untuk dibawa pulang serta minuman ketika Anda haus. Rumah makan juga tersedia disana. Akan tetapi kalo dalam jumlah banyak mungkin ada baiknya Anda nyimpang dulu ke restoran di selama perjalanan menuju ke Green Canyon. Karena rumah makan yang berada di lokasi disini kurang besar. 


Outboun di Cukang Taneuh Pangandaran


Sudah saya jelaskan diatas, bahwa kegiatan outboun disini akan sangat seru. Baik itu kegiatan outbound bareng tekan kerja, bareng teman-teman di kota maupun bareng teman-teman reuni. Pastinya kegiatan outbound disini akan sangat berkesan untuk Anda. Sudah banyak perusahan yang telah melaksanakan kegiatan outbound nya disini. 

Penginapan di Green Canyon Pangandaran


Untuuk informasi penginapannya di Green Canyon ini hanya tersedia beberapa homestay yang bisa Anda gunakan untuk menginap dan juga beristirahat. Disana masih minim akan fasilitas penginapan dan juga hotel. Saya sarankan untuk menginap Anda bisa memilih penginapan-penginapan di Pangandaran yang bervariasi. 

Related Posts

0 komentar: