Trik Menikmati Liburan Di Sepanjang Pantai Gunung Kidul Dalam Satu Hari

shares

Kini daerah Gunung Kidul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah menjadi pusat perhatian sebagai  destinasi wisata oleh para wisatawan lokal, domestik maupun wisatawan asing. Kabupaten Gunung Kidul dikenal memiliki wisata alam yang sangat mengagumkan dan membuat banyak orang ingin sekali berkunjung dan berwisata di sana. Wisata alam yang paling terkenal adalah pantai dan masih banyak pantai yang masih belum terjamah, selain itu juga terdapat air terjun dan goa.

Trik Menikmati Liburan Di Sepanjang Pantai Gunung Kidul Dalam Satu Hari

Trik Menikmati Liburan di Sepanjang Pantai Gunung Kidul Dalam Satu Hari

Banyaknya pantai yang belum terjamah tersebut disebabkan oleh salah satu faktor yaitu akses jalan untuk menuju ke benar pantai tersebut masih sulit dijangkau dan belum begitu baik, jalan tersebut masih kecil dan bebatuan. Bagi Anda yang ingin berwisata menggunakan mobil mungkin akan cukup sulit karena jalan tersebut hanya bisa dilewati oleh satu mobil saja. Namun tak perlu khawatir karena dengan beberapa trik dan tips berikut Anda sekeluarga dapat berwisata di sepanjang pantai Gunung Kidul.


1. Persiapkan Keberangkatan Lebih Awal


Banyak yang telah mengenal bahwa pantai yang berada di Gunung Kidul memiliki jumlah yang banyak dengan keindahan alam yang masih asri dan jarang terjamah. Apabila Anda sekeluarga ingin untuk berwisata di sepanjang pantai di kawasan Gunung Kidul, langkah pertama yang harus dilakukan adalah berangkat lebih awal.

Matahari terbit atau sunrise tidak hanya dirasakan di pegunungan saja, saat berwisata di pantai Gunung Kidul Anda juga bisa merasakannya. Usahakan bahwa rombongan berangkat lebih awal sebelum matahari terbit yaitu pada jam tiga, jika Anda memang ingin merasakan sunrise di kawasan Gunung Kidul. Karena apabila datang telat sedikit saja keinginan untuk melihat matahari terbit akan sia-sia.

Berbeda lagi apabila Anda dan rombongan ingin mengisi awal perjalanan wisata pantai dengan menikmati keindahan yang alami, Keberangkatan bisa dimulai pada jam 6 pagi. Keuntungan yang dapat dirasakan ketika berangkat lebih pagi adalah bisa terbebas dari tiket TPR masuk pantai, karena pada biasanya loket ini akan dibuka pada jam 9 pagi.


2. Waspada dan Lebih Berhati-hati Terhadap Jalan Berkelok Serta Naik Turun


Langkah selanjutnya yang perlu dipersiapkan adalah memeriksa dengan baik kondisi kendaraan baik untuk kendaraan roda empat ataupun kendaraan roda dua. Terdapat beberapa jalan yang harus diwaspadai, jalur ini sering disebut “jalur irung petruk” oleh masyarakat Yogyakarta. Pada jalur ini terdapat jalan yang berkelok dan menanjakdan biasanya beberapa kendaraan ada yang tidak bisa menanjak seperti kendaraan berat truk dan bus.

Kondisi jalur yang akan ditempuh memang tergolong sulit. Apabila Anda dan keluarga serta rombongan berasal dari luar kota, maka sangat disarankan bagi Anda semua untuk lebih berhati-hati ketika melakukan perjalanan karena jalur yang dilewati belum diketahui kondisinya sebelumnya.

3. Pastikan Bensin Pada Kendara Terisi Penuh


Langkah satu ini termasuk langkah yang pokok atau wajib untuk dilakukan. Pastikan bahwa bensin pada kendaraan terisi penuh terutama bagi kendaraan jenis roda empat. Akan terdapat beberapa dampak apabila mobil Anda kehabisan bensin di jalan, mungkin hal ini tidak akan terlalu memberatkan bagi pengendara sepeda motor karena mereka bisa membeli bensin yang dijual eceran.

Hal ini harus benar-benar dipersiapkan dengan matang karena pom bensin di Gunung Kidul hanya ada di bagian kota, sedangkan jalan yang harus ditempuh untuk sampai di pantai tergolong jauh dan sudah tidak ada lagi pom bensin. Sebaiknya Anda isi penuh terlebih dahulu tangki mobil yang digunakan saat berada di kota Gunung Kidul untuk mencegah terjadinya masalah kehabisan bensin di tengah perjalanan.

4. Bawalah Uang Yang Cukup Untuk Berwisata


Setelah merencanakan wisata yang tepat untuk keluarga tercinta dan kerabat dekat, Anda juga perlu melakukan perencanaan anggaran yang akan dikeluarkan untuk menikmati liburan pantai di sepanjang Gunung Kidul. Dari perencanaan anggaran tersebut makan akan tergambar seberapa banyak uang tunai yang harus dibawa saat bepergian.

Jangan pernah lupa membawa uang tunai yang cukup dan sesuai anggraan dana yang ada, akan lebih baik jika Anda melebihkan sedikit uang tunai dari anggaran wisata Anda. Hal tersebut bertujuan agar Anda tidak pusing mencari ATM untuk mengambil uang, selain itu untuk mencegah adanya masalah yang mungkin timbul ketika bank sedang mengalami eror.


5. Beli Makanan dan Minuman Secukupnya


Saat bepergian hal yang pasti melekat dan tidak pernah terlupakan adalah makanan dan minuman. Tak jarang pada setiap penjual makanan di objek wista akan menjual barang dagang mereka dengan harga yang mahal dan jauh dari harga pasaran. Alangkah lebih baik jika Anda mempersiapkan makanan dan minuman dari rumah atau dapat membeli di toko sepanjang jalan.

Disarankan bagi Anda untuk membeli di Toko pada kawasan Gunung Kidul kota karena apabila sudah masuk ke dalam akan jarang ditemukan toko di sepanjang jalan pantai. Langkah ini akan membuat anggaran dan pengeluaran wisata Anda dan keluarga lebih mudah ditekan.


6. Pilih Pantai Yang Bisa Digunakan Untuk Bermain


Pantai-pantai di Gunung Kidul sebagian besar masih memiliki banyak batu karang yang menjadikan Anda dan keluarga tidak bisa bermain air. Namun jika ingin mengambil gambar atau mengabadikan foto pemandangan yang ada akan mendukung hasil jepretan yang keren.

Jadi sebaiknya pilihlah pantai yang bisa digunakan sebagai tempat bermain air, hal ini sebabkan karena wisata bersama keluarga. Kunjungi pantai yang tidak dapat digunakan untuk bermain air terlebih dahulu jika Anda ingin mengexplore pantai di sepanjang Gunung Kidul. Selanjutnya jadikan pantai yang dapat digunakan sebagai tempat bermain air sebagai tujuan terakhir untuk mengantisipasi ganti baju berkali-kali.

7. Jangan Berteduh Di Bawah Karang


Ketika Anda sudah berada di pantai yang memiliki banyak batu karang, langkah selanjutnya adalah hindari untuk berteduh di bawah karang. Karena sering terjadi kasus longsornya bukit karang seperti di Pantai Sadranan, padahal Pantai Sadranan biasanya melimpah wisatawannya dan sering mereka berteduh di bawah karang tersebut. Hal ini bertujuan untuk mencegah Anda sekeluarga terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

8. Pilih Tempat Makan Yang Paling Rekomended Ketika Lapar


Hampir semua wisatawan mengalami rasa lapar sehabis menikmati permainan air ataupun sekedar berfoto-foto di pantai. Rasa lapar tersebut dapat Anda obati dengan pergi ke tempat makan yang enak dan rekomended. Hal ini akan meminimalisir kecewanya Anda saat makan di tempat yang baru, karena biasanya orang yang lapar dan makan makanan yang tidak enak akan langsung kecewa.

Terdapat dua pantai yang menyajikan makanan enak dan rekomended yaitu Pantai Baron dan pantai Indrayanti, di sana Anda akan menemukan banyak tempat makan yang menyediakan menu masakan laut. Selain itu bagi yang tidak menyukai makanan laut jangan khawatir, karena tempat makan di dua pantai ini menyediakan mie goreng dan nasi goreng. 

Related Posts

0 komentar: