Santirah River Tubing Dengan Keseruannya Menjelajahi Goa

shares

Berwisata ke Green Canyon dan juga Citumang mungkin sudah biasa Anda lakukan. Tapi pernahkan Anda berwisata atau mengunjungi Santirah River Tubing ? 

Di Pangandaran terdapat sebuah objek wisata yang terbilang cukup baru dan memacu adrenalin selain kedua objek wisata diatas. Objek wisata tersebut dinamai dengan Santirah River Tubing atau orang banyak yang menyebutnya Green Santirah. 

Nama objek wisata ini mulai dikenal pada tahun 2014 dan objek wisata ini dibuka sebelumnya di tahun 2012. Butuh waktu dua tahun sekumpulan anak muda karang taruna di Pangandaran untuk memperkenalkan objek wisata ini keseluruh masyarakat di Indonesia. All hasil, objek wisata ini sekarang sudah mulai banyak dikunjungi dan menjadi salah satu objek wisata yang populer di Pangandaran. 

Santirah River Tubing 


Meskipun kepopulerannya tersebut kalah oleh Green Canyon namun pemandangan dan juga keseruannya menjelajahi sungai justru tidak kalah indah. Kondisi sungai di Santirah River Tubing memiliki perbedaan dengan Green Canyon dan juga Citumang. Perbedaan itulah yang membuat objek wisata di Pangandaran ini memiliki keunggulan. 

Sudah jelas, sungai di Green Canyon dan juga Citumang memiliki sungai yang lebar dengan arung sungai yang deras. Namun Santirah River Tubing atau Green Santirah justru sebaliknya. Sungainya memiliki lebar hanya 1,5 meter dengan diapit oleh tebing - tebing yang menjulang tinggi. Terkadang tebing - tebing itulah yang membuat objek wisata ini dikagumi. Justru bagi para petualang sejati lebih suka objek wisata Santirah ini karena memiliki tantangan yang lebih. 

Santirah River Tubing


Air sungainya pun sangat deras disini sehingga untuk yang melaksanakan arung jeram adalah hal yang tepat disini. Namun arung jeram disini tidak mungkin menggunakan perahu karet seperti disungai-sungai lainya. Disini arung jeram Anda hanya bisa menggunakan Ban besar yang hanya Anda duduki. 

Sudah tentu bukan hanya Ban besar saja yang Anda gunakan ketika melaksanakan arung jeram disini. melainkan dilengkap dengan berbagai keamanan lainya seperti : Helm, pelindung badan dan juga pelindung kaki. Sebenarnya nama untuk penjelajahan sungai menggunakan ban besar ini adalah River Tubing bukan Arung Jeram. 

Menjelajahi Sungai Santirah


Sesuai dengan yang Anda bayangkan, menjelahi sungai dengan menggunakan ban (River Tubing) disini akan sangat seru. Disini Anda akan diajak berarung jeram di sungai santirah dan juga menjelajahi goa-goa disana. Alamnya yang masih natural membuat penjelajahan Anda terasa lebih menyenangkan dan Anda serasa seperti berpetualang beneran di alam bebas. 

Lorong-lorong goa disertai jeram yang sangat menantang adalah penjelajahan yang Anda temukan disini. Bukan hanya itu, di beberapa sudut Anda juga akan diajak untuk melakukan Body Rafting. Body Rafting yaitu Anda disuruh untuk melepaskan ban yang Anda gunakan lalu berenang dengan santai mengarungi aliran sungai. 

Namun body rafting tidak dilakukan dimana saja, melainkan kita mencari kedalaman air yang tidak terlalu dalam baru kita bisa melakukan body rafting tersebut. Tidak disarankan untuk melakukan body rafting di spot kedalaman air sungai santirah yang dalam. 







Harus diketahui bahwa kedalaman air di saungai santirah ini bervariasi muali dari 1,5 cm hinggi mencapai 8 meter. Dengan air yang berwarna hijau kebiruan, arus air yang beragam, Santirah River Tubing dikenal dengan objek wisata air semi ekstrem. Himpitan tebing-tebing yang menjulang tinggi disertai dengan pepohonannya yang rindang dan juga hijau serta derasnya air sungai membuat petualangan ari disantirah ini sangat menantang untuk para wisatawan. 

Kegiatan wisata Santirah River Tubing ini sering dilakukan oleh rombongan-rombongan wisatawan atau juga rombongan para pemuda yang suka dengan wisata yang menguji adrenalin. Disini wisatawan diajak untuk menelusuri riam-riam air menggunakan perlengkapan pengamanan yang disediakan disana. Mulai dari ban, jaket pelampung, helm hingga pelindung kaki. 

Ada empat gua yang akan dilewaati oleh wisatawan yang melakukan River Tubing disini yaitu Goa Gendang, dengan panjang 10 Meter, Goa Lengkob dengan panjang 8 meter, Goa Uling dengan panjang 10 Meter serta Goa Panjang Santirah dengan panjang 100 Meter. Gak kebayang kan gimana serunya menjelajahi Santirah River Tubing ini. 

Lokasi 


Santirah River Tubing ini bisa Anda temukan di wilayah Pangandaran. Bila dari Pantai Pangandaran, jaraknya sekitar 30 KM. Alamat lengkapnya terletak di Dusun Karangmukti, RT. 05 / RW. 08, Selasari, Parigi, Selasari, Parigi, Pangandaran, Jawa Barat 46393. Agar bisa sampai ke lokasi Green Santirah ini, ada beberapa akses jalan yang bisa Anda lalui. 

Pertama 


Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi atau rombongan wisatawan dengan menggunakan bus pribadi (Mini Bus, Bus Pariwista Medium) dari wilayah Green Canyon Anda bisa ambil jalur yang menuju ke Cigurur, lalu dari Penyingkiran Cibenda belok kiri ke arah Bontos. 

Kedua


Jika Anda menggunakan Jalur Pangandaran, setelah Anda memasuki Desa Bojong atau lokasi Citumang, Anda hanya tinggal lurus dari persimpangan Green Valley Cirumang menuju Desa Delasari. Adapun jika menggunakan kendaraan umum jurusan Cijulang atau Cigugur berhenti di Panyingkiran Cibenda dilanjutkan dengan ojeg.

Berikut ini saya berikan jalur di google mapsnya. Supaya Anda tidak kebingungan dari posisi dimana Anda berada. Ikuti jalur di google maps berikut ini !




Related Posts

0 komentar: