Kampung Dukuh

shares

Kampung Adat Dukuh 


http://www.wisatadigarut.com/ - Satu lagi yang menjadi bagian dari Tempat Wisata di Garut yang akan saya bahas kali ini yaitu Kampung Adat Dukuh. Selain Kampung Adat Pulo yang ada di Leles Garut Jawa Barat, ada satu lagi pemukiman tradisional di Garut yang mungkin tak asing lagi di telinga warga masyarakat Garut yaitu kampung adat dukuh. 

Kampung Dukuh atau biasa orang menyebutnya Kampung Adat Dukuh ini merupakan salah satu kampung yang sangat kental dengan budaya serta adat istiadat yang turun temurun sejak jaman dahulu. Kampung ini sangat menjunjung tinggi dengan yang namnya keharmonisan dan juga keselarasan hidup. Semua itu terlihat mulai dari arsitekture bangunan rumah yang semuanya sama terbuat dari bambu dengan beratapkan rumbia, yang tersusun beberapa puluh rumah pada kemiringan tanah yanga bertingkat.

Kampung Adat Dukuh
Kampung Tradisional ini sangat menjaga sekali kelestarian adat istiadatnya secara turun temurun, yaitu terlihat ketika mereka sedang melakukan upacara moros yang selalu dilakukan setiap setahun sekali. Upacara moros yaitu salah satu manisfestasi masyarakat Kampung Dukuh yaitu memberikan hasil pertanian seperti palawija kepada pemerintah menjelang Idul Fitri dan Idul Adha. 

Kampung ini merupakan suatu pedesaan yang kental dengan religi yang kuat. Kampung dukuh terkenal dengan sistemnya yang selalu menjungjung tinggi keharmonisan dan keselarasan hidup bermasyarakat, dikampung dukuh ini sangat tidak diperbolehkan menggunakan aliran listrik, Alat makan yang digunakan di kampung dukuh ini juga adalah terbuat dari pepohonan seperti khalayaknya bangunan seperti batok kelapa dan kayu lainya.

Alamat lengkap kampung dukuh.


Kampung adat dukuh berada di wilayah cijambe, Desa Cikelet Kecamatan Pameungpeuk Kabupaten Garut. Meskipun kampung adat ini berada di wilayah Cijambe, namun jarak kampung adat ini dari desa Cijambe lumayan jauh yaitu sekitar 1,5 KM. Jarak dari Pusat kota Garut menuju ke Kampung dukuh ini adalah sekitar 101 Km. Dengan luas tanah di wilayah kampung dukuh yang mencapai 1,5 hektare dengan pembagian daerah yang menjadi tiga bagian yaitu Kampung Dukuh Dalem, Kampung Dukuh Luar dan juga Kampung Dukuh Mukaromah.

Untuk bisa sampai ke kampung dukuh ini perjalanan yang akan anda tempuh tidak terlalu berat mengingat selain jalannya yang cukup bagus, untuk menuju ke lokasi ini anda tidak susah menggunakan kendaraan. baik itu kendaraan, baik itu kendaraan umum maupun tujuan cikelet maupun kendaraan pribadi.

Keunikan di Kampung adat Dukuh.


Kampung Adat Dukuh ini, tidak sama dengan perkampungan lainya di daerah Garut jawa Barat. Kampung ini memiliki keunikan tersendiri yaitu struktur bangunan dan arsitektur bangunan rumah adat di kampung ini tidak memiliki dinding dari tembok, atap dari genteng, dan juga tidak memiliki kaca seperti rumah, rumah pada umumnya. Rumah yang ada di kampung dukuh semuanya hampir sama terbuat dari bambu, lalu kerangkanya dibuat dari kayu, sedangkan atap rumah menggunakan ilalang berlapiskan ijuk rumbia. Bukan hanya itu saja, Keunikan lain di tempat ini juga adalah tidak adanya aliran listrik maupun barang - barang elektronik lainya seperti radio, televisi dan juga yang lainya.

Related Posts

0 komentar: