Es Goyobod Khas Garut

shares

Es Goyobod adalah minuman tradisional parahyangan yang sangat segar, cocok untuk menu berbuka puasa. Nama es goyobod sendiri mungkin sudah tidak aneh lagi disebagian warga Jawa Barat. Kuliner khas Garut ini adalah menu santap yang sangat ramah dilidah warga, tarutama warga Garut. Salah satu kuliner khas Garut selain Dodol Garut dan Ladu Malangbong Garut ini memang wajib untuk anda coba disaat anda berlibur di Garut dengan suasana yang cukup panas. Apalagi jika anda adalah penikmat kuliner kurang pas apabila anda hanya menikmati Jeruk Garut ataupun kerupuk kulit (dorokdok) saja. 

Meskipun Garut ini terbilang memiliki udara yang sejuk akan tetapi disaat cuaca sedang terik - teriknya  tetap saja kota Garut ini terbilang panas. Maka untuk menghilangkan dahaga tenggorokan anda anda harus mencoba Es Goyobod ini sebagai selusi agar kerongkongan anda tidak kering. Goyobod memiliki arti basah kuyup sedangkan menurut bahasa Indonesia kuliner ini dikatagorikan sebagai Es Campur. 



Setiap makanan ataupun kuliner khas Garut selalu memiliki keunikan tersendiri seperti Es Goyobod atau Es Campur ini. Ketika anda mencoba merasakan Es Goyobod ini, anda akan merasakan sensasi yang lebih ketika masuk ke rongga  mulut. Selain itu, resep rahasianya yang misterius juga menarik untuk dibahas. Sejarah Es Campur ini sama halnya dengan Dodol Garut ataupu Ladu Malangbong memiliki sejarah yang panjang untuk bisa menjadi makanan yang terkenal di Garut atau bahkan di Jawa Barat. 

Sebenarnya resep Es Goyobod ini dulunya diciptakan oleh seorang warga yang berasal dari Bandung yang bernama Aca. Ketika itu dia pulang ke kampungnya di Garut Jawa Barat karena terjadinya peristiwa Bandung Lautan Api, dari situ lah dia mulai mencari celah untuk mendapatkan uang lalu dia mendapatkan ide untuk membuat Es Goyobod di Kampungnya. Nah dari situlah Es Goyobod atau makanan yang dikenal juga sebagai Es Campur ini populer dan terkenal di kalangan masyarakat Sunda. 

Nah bagi anda yang belum bisa atau belum tahu cara untuk membuat Es Goyobod yang misterius ini, berikut ini saya berikat cara pembuatanya. 

Sediakan bahan-bahan seperti :
  1. 2 Gelas air putih
  2. 2 Tetes pewarna makanan Bandung
  3. Garam 1 Sendok teh
  4. Gula pasir 3 sendok makan
  5. Daun panda seperlunya
  6. Pacara China 4 sendok makan
  7. Buah alpukat
  8. Tepung Hunkwe (Hunkwe) 120 Gram
  9. Kelapa muda / Degan
  10. Susu kental manis 
  11. Sirup buah sesuai selera
  12. Roti tawar secukupnya 
  13. Santan kelapa matang (dimasak dulu)
Cara Pembuatan :
  • Campurkan air dengna gula pasir, pandan dan Garam 
  • Tunggu hingga mendidih dan larut
  • Larutkan tepung Hunkwe dengan air dingin
  • Masukan kedalam masakan kalau sudah mendidih
  • Tambahkan pewarna makanan sesuai selera anda 
  • Cetak adonan Goyobod ini dengan menggunakan loyang 
  • Diamkan selama 60 menit sampai kenyal
  • Potong-potong goyobod ini sesuai selera anda 
Cara Penyajian Spesia 
  1. Cara Penyajian Minuman Spesial ini
  2. Silahkan tata semua bahan dan buah - buahan di dalam mangkok atau gelas saji 
  3. Kalau suka Es Serut bisa ditambahkan di atasnya
  4. Siram dengan susu kental manis, sirup dan santan kelapa matang
  5. Dan anda pun sudah bisa untuk membuanya.
Baca Juga : Jogja Bay

Related Posts

0 komentar: