Rumah Makan Soto Ahri

Di tengah jajaran tempat makanan sunda dan mancanegara yang cukup sepi disepanjang jalan di Garut, terdapat sebuah restoran yang justru sangat di padati para pengunjung. Asap dan aroma soto yang mengepul dari dapur depan restoran soto ahri langsung menyambut para pendatang ketika kaki melangkah masuk. 

Dengan bercucuran keringat banyaknya asap saat menyantap soto, para pengunjung terlihat asik dan nikmat menyantap soto yang memiliki rasa yang luar biasa tersebut tanpa mengeluh. Walupun tempat makan tersebut banyak dipenuhi dengan asap, para pengunjung tanpa mengeluh langsung duduk dimeja panjang untuk dapat menikmati soto buatan keturunan haji ahri tersebut. Tidak ada yang mereka pikirkan, walaupun tempatnya cukup penuh dengan asap yang keluar dari kayu yang dibakar sebagai pengolahnya, mereka terlihat begitu menikmati enaknya soto tersebut.




Namun dari setiap daerah pasti memiliki soto dengan ciri khasnya masing-masing, seperti soto yang satu ini, soto yang berkuah bening dan santan dengan berbagai isian daging ini memang sering di konsumsi masyarakat di tanah air, khusunya masyarakat kota Garut yang selalu suka dengan masakan-masakan yang bersantan. Bahkan kini penjual soto pun menjamur di berbagai daerah di indonesia hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang menyukai masakan tersebut. Seperti Rumah Makan Soto Ahri yang satu ini, yang terletak di Jalan Mandalagiri (pusat) dan Jalan Cimanuk (cabang). 

Soto ahri merupakan kebanggaan kiliner kota Garut, baik di pusat Jalan Mandalagiri maupun cabangnya yang berada di Jalan Cimanuk, yang selalu diserbu pengunjung baik waktu sarapan pagi atau makan siang. Soto yang termasuk kedalam genre soto daging bersantan ini sangat nikmat jika dimakan saat pagi hari. Selain rasanya yang memang nikmat, anda juga dapat memilih atau memesan bagian yang anda suka, misalnya daging atau jeroan ? Kemudian jika daging yang anda pilih, daging tersebu di cacah sampai potongan yang cukup halus supaya nanti saat dimasukan santan, Daging tersebut akan sangat empuk dan bumbu santanya pun meresap ke daging tersebut. 




Aromanya yang sangat menyengat tak mungkin menipu anda, daging sapi yang sangat lembut berpadu sempurna dengan kuah kaldu gurih akan menambah gelora makan anda. Tak seperti soto pada umumnya, kuah Soto Ahri menyatu dengan sangat sempurna hingga tak menimbulkan efek yang membandel di lidah. Tapi untuk mendapatkan soto yang begitu sempurn, pasti cara pengolahanya pun membutuhkan pengolahan yang tak biasa. Sebenarnya Resep Soto Ahri tersebut merupakan salah satu resep turun temurun dari kakeknya haji ahri, sejak sebelum Indonesia merdeka.

Terlepas dari pengruh-pengaruh kuliner kota lain, Soto ahri yang membuat Gebrak Soto Garut atau Soto Ala Periangan Timur dapat di bilang sukses. Pokoknya bagi anda yang sedang berkunjung ke tempat-tempat wisata di Garut, Baik yang sedang mengikuti Paket Reuni dan Buka Bersama HDG Team di Kampung Sampireun Garut harus mencoba berkunjung ke Rumah Makan Soto Ahri dan merasakan betapa nikmatnya Kuliner Soto Ahri tersebut saat tekena lidah anda, dan pasti anda akan ketagihan setelah mencobanya lagi.




Tidak ada komentar :