Makam Suci Godog

Mendengar kota Garut, Pasti yang pertama kali anda pikirkan adalah dodol, dan kerajinanya yang terkenal yaitu Jaket Kulit. Padahal di Garut sendiri selain memiliki pemandanganya yang sangat sejuk dan indah serta luas dengan persawahannya, Garut juga memiliki tempat-tempat wisata yang memang tekenal di kalangan para pengunjung khusunya pengunjung hotel, diantaranya :  Hotel Ramayana Garut, Hotel Sari Papandayan Garut, ataupun Villla Edelweis Garut

Memang Garut memiliki objek wisata yang sudah tak diragukan lagi banyaknya, tapi di Garut juga mempunyai daftar tempat wisata ziarah di Garut yang populer dikunjungi yaitu Makam Eyang Papak, Makam Sunan Cipancar, Situs Ciburuy Bayongbong, dan yang saya akan Jelaskan kali ini adalah Makam Godog Suci. Selain itu, di Garut juga Terdapat HDG Team trip planner & Event organizer sebagai salah satu pemandu terbaik yang ada dikota Garut. Jadi manfaatkanlah peluang itu untuk anda mendapat dampingan wisata ke kota wisata Garut dengan di dampingi HDG team.






Makam Suci Godog aladah makam didaerah pegunungan karacak yang terletak di daerah Lembah Agung Kecamatan Karangpawitan Garut. Makam ini dipercaya sebagai makam Raja Prabu Kian Santang, putra dari Prabu Siliwangi dari kerajaan Padjajaran. Hal ini juga didokumentasikan dari beberapa buku sejarah seperti Babab Godog, Babad Pasundan, dan juga wawasan dari Prabu Kian Santang Aji. Naskah dalam buku sejarah ini, mengakui bahwa Prabu Kian Santang adalah putra dari Prabu Siliwangi dan Nyi Sumbang Larang dari Kerajaan Padjajaran. Setelah Prabu Kian Santang memegang islam di Makkah, Nama Prabu Kian Santang diganti menjadi Sunan Rohmat atau Syekh Rohmat. Karena pemakaman Sunan Rohmat atau Prabu Kian Santang dilakukan di Godog, akhirnya, dikenalah sebagai Pemakaman Godog Suci Garut.

Sunan Godog atau Prabu Kian Santang adalah sunan yang menyebarkan Agama Islam pada abad ke - 15 sampai awal abad Ke - 16 Masehi di daerah Timbanganten yang sekarang menjadi beberapa daerah di Garut seperti Samarang, Tarogong, Kadungora, Leles. Menurut cerita dari masyarakat Garut sendiri, setelah Prabu Kian Santang kembali dari Makkah dia membawa tanah dari Makkah dan disebarkan dibeberapa Kota di Indonesia. Dalam setiap tanah yang jatuh adalah merupakan tempat kelahiran dari Wali Songo. ketika ingin masuk ke Gunung Suci, tanah yang di bawa adalah tanah Godeg. Karena nama Godog lahir sampai Prabu Kian Santang menjadi sunan Godog terkenal. 







Banyak mitos yang mengatakan hal tersebut, diantaranya ada yang menyebutkan bahwa Prabu Kian Santang berkelahi dengan ayahnya Prabu Siliwangi karena Prabu Siliwangi yang menolak ajakan dari Prabu Kian Santang untuk masuk ke dalam ajaran islam. Tapi Kian Santang tidak putus asa untuk mengajak ayahnya mengikuti ajaran yang dipercayainya, sampai akhirnya Prabu Siliwangi menghilang. Jumlah semua makam yang berada di pemakaman suci godog adalah 9 yang meliputi 1 makam sunan Godog sendiri dan 8 orang pengikutnya. Makam ini berbaris dari buatan pertama sampai ke delapan. Makam Sunan Godog sendiri berada di atas Gunung , ukuran makamnya kira-kira mencapai 2mX1m. Makam Sunan Godog berada dalam Bangunan Persegi Panjang.  

Setaiap bulan Mulud di Pemakaman Suci godong selalu diadakan upacara Ngalungsar yang berarti Turun Jimat. Upacara selalu dilakukan pada tanggal 14 April. Upacara ini dilakukan sebagai penghormatan masyarakat kepada Sunan Godog karena jasanya dalam menyebarkan agama islam. Penghormatan dilakukan dengan cara Ngamumule brang-barang pusaka seperti rupa-rupa keris, kitab, Al-Qur'an, cis, skin. Barang-barang pusaka tersebut diturunkan dari peti lalu disimpan diatas makam, Lalu dibersihkan satu persatu dengan menggunakan air kembang dan di gosok dengan menggunakan minyak. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh kuncen di tempat tersebut. 







Sekarang Makam Keramat Godog atau Makam Suci Godog banyak di kunjungi oleh para kalangan peziarah. Dari sebagian masyarakat makam Sunan Godog selalu dianggap keramat, karena posisinya yang hampir sejajar dengan para wali yang mempunyai jasa yang sangat besar dengan menyebarkan agama islam di pulau jawa.

Tidak ada komentar :