Gunung Guntur Garut

Garut bisa dibilang merupakan surganya bagi para pecinta wisata, bak wisata alam seperti Gunung Papandayan Yang Menjadi Wisata Alam Terbaik di Garut, wisata kawah seperti Kawah Talaga Bodas dan Kawah Kamojang, wisata kuliner seperti Rumah Makan Asep Stroberry dan Rumah Makan Dapur Setia Kawan, dan Wisata Tournya yang cukup di minati para pewisata alam.  Salah satu Wisata Tour di Garut yang cukup banyak menarik perhatian pendaki para pecinta alam di Garut adalah Gunung Guntur Garut.

Gunung Guntur merupakan salah satu kawasan yang menjadi daerah tujuan dan pendakian para pecinta alam dari berbagai daerah di Jawa Barat bahkan di Indonesia. Pemandangan yang indah dan asri yang terlihat ketika anda berada di atas puncak Gunung tersebut adalah daya tarik yang utama bagi para pecinta alam. Disamping itu, mendaki di Gunung Guntur adalah tujuan utama dan merupakan suatu keasyikan bagi para pecinta alam wisata Garut.






Objek wisata Gunung Guntur tidak begitu saja berbentuk seperti kerucut tunggal, akan tetapi Gunung Guntur mempunyai ciri yang khas pada puncaknya yang dicirikan dengan adanya kerucut tua yang terjadi karena titik erupsi yang merupakan satu kelompok besar Gunung Guntur. Dari kelompok besar Gunung Guntur nampak 2 buah kaldera disebelah barat dan timur, yakni kaldera pangkalan dan kaldera gandapura. Dari kaldera pangkalan dan kaldera gandapura tersebut terbentuklah rekahan-rekahan yang menimbulkan kerucut-kerucut Gunung Api Tua, seperti Gunung Gajah, Gunung Gandapura, dan Gunung Agung, Gunung Picung, dan Gunung Batususan. 

Selain beberapa Gunung Berapi Tua, terdapat pula Gunung Api Muda diantaranya : Gunung Masigit, Gunung Sanghiyang Baruan, Gunung Parupuyan, Gunung Kabuyutan dan Gunung Guntur yang merupakan Gunung termuda dan paling aktif sampai sekarang. Gunung Putri pun yang terletak agak jauh diselatanya mungkin termasuk kerucut dari rekahan parasit dari kelompok Gunung Guntur ini. 






Letak dari Gunung Guntur ini berada di sebelah utara berbatasan dengan daratan tinggi leles. sedangkan disebelah timur dan barat berbatasan dengan Gunung Kunci, Sanggar, Rakutak dan Kawah Kamojang. Morfologi Gunung Guntur mempunyai kemiringan sekitar 20 sampai 75 Derajat. Memang Gunung ini merupakan salah satu gunung dengan pendakian yang cukup terjal, akan tatapi Gunung Guntur ini sangat diminati oleh pengunjung yang ingin merasakan indahnya kota Garut.

Selain terkenal dengan Pemandanganya, di Garut juga anda dapat menemukan HDG Team sebagai salah satu pemandu saat anda berlibur ke Garut. Perjalanan untuk menuju ke Gunung Guntur, bila dari Kota Garut anda dapat menggunakan kendaraan angkutan umum jurusan ke Cipanas, 6 Km arah barat laut. Setelah sampai di Cipanas sendiri, anda dapat berhenti sejenak atau dapat menikmati objek wisata Cipanas yang memeiliki banyak kolam air panas. Sekitar 3 Km dari Cipanas melintasi jalan yang mendaki ke arah puncak Gunung Guntur terdapat air Terjun Citiis.




Dari salah satu objek wisata air terjun ini, anda dapat melanjutkan pendakian ke puncak Gunung Guntur Sekitar 4 Jam. Apabila anda ingin melihat pemandangan yang sangat indah dan juga eksotis, sebaiknya anda melakukan pendakian sekitar pukul 5 pagi. 

Dari Kota Garut naik kendaraan umum ke Cipanas, 6 Km arah barat laut. Di Cipanas banyak terdapat kolam air panas. Sekitar 3 km dari Cipanas melintasi jalan yang mendaki ke arah puncak Gn.Guntur terdapat air terjun Citiis.

Dari lokasi air terjun ini pendaki dapat melanjutkan pendakian ke puncak gunung Guntur selama sekitar 4 jam. Sebaiknya pendakian dilakukan sekitar pukul 5 pagi, tujuannya agar dapat menikmati pemandangan yang sangat indah selama berada di puncak gunung.

Tidak ada komentar :