Makanan dan Oleh-oleh Khas Garut

Kali ini Blog Wisata di Garut akan menyampaikan beberapa Makanan Khas Garut yang biasanya dijadikan Oleh-oleh rombongan wisatawan yang datang dan berkunjung ke Tempat Wisata di Garut. Ada berbagai jenis makanan khas Garut yang bisa anda dapatkan di berbagai Sentra Oleh-oleh dan Toko Souvenir di kabupaten Garut.



Kali ini kami akan membahas secara global berbagai jenis makanan yang paling diminati oleh para wisatawan yang datang ke kota Garut. Sebetulnya selain Dodol ada berbagai macam makanan khas Garut yang bisa anda dapatkan, biasanya rombongan wisatawan akan menanyakan dan meminta saran kepada HDG Team Trip Planner & Tour Organizer tentang pemilihan yang tepat makanan yang mewakili kota Garut selain yang sudah terkenal seperti Dodol Picnic, Chocodot dan Nasi Liwet Instan misalnya dorokdok, ladu malangbong, kerupuk kulit, ranginang, keripik cau, cireng, emplod dan cemprus dan lain-lain.


HDG Team sebagai satu-satunya pemandu wisata terbaik dan terpercaya di kota Garut akan menyampaikan informasi tentang Makanan dan Oleh-oleh Khas Garut yang jarang dibahas oleh yang lain yaitu Ceprus Singkong.




Berbagai makanan khas daerah di Jawa Barat begitu beranekaragam dengan rasa yang sangat lezat. Salahsatunya makanan khas daerah yang ada di Kabupaten Garut, yaitu Ceprus, makanan ceprus ini bisa gampang ditemukan di daerah Garut Selatan (Garsel), Ceprus merupakan makanan yang bahan dasarnya adalah singkong, untuk membuat ceprus sangatlah mudah, karena cerprus adalah singkong bakar yang masih panas dicelupkan kepada gula yang sudah dipanaskan atau biasa disebut gula kinca.


Makanan tersebut terbilang langka dan jarang ada didaerah perkotaan garut, Makanan tersebut hanya tersaji di beberapa titik sentra gula merah asli dari pohon aren. Di daerah Garut selatan, singkong dan gula merah asli aren tak akan sulit didapatkan, karena kebanyakan masyarakat setempat adalah petani dan pembuat gula aren.

Saat kita berkunjung ke daerah selatan disaat berwisata ke pantai Garut Selatan, kita tinggal reques ke masyarakat setempat uintuk dibuatkan ceprus, pembuatan ceprus ini cukup mudah dan tak akan memakan waktu lama, hanya tinggal menyiapkan api dan singkong yang masih segar.

Catatan juga buat para pecinta Kuliner Khas Garut, beberapa makanan khas Garut ada yang sulit didapatkan di area perkotaan, karena dari sekian banyaknya makanan khas Garut, ada makanan yang tergolong langka dan hanya tersaji didaerah asalnya. Sebagian makanan khas Garut juga ada yang dapat diperoleh secara mudah di beberapa sentra oleh-oleh khas Garut.

Tidak ada komentar :