Talaga Bodas Garut

shares

Mengunjungi Garut tanpa menikmati salah satu tempat wisata alam di kota intan ini akan menjadi "dosa terbesar" anda. hehehe. Memang Garut begitu kaya akan keindahan alam. Jika anda datang dari arah Bandung, anda disambut dengan eksotisnya Situ Cangkuang. Jika anda datang dari Tasik via Cisewu anda akan disuguhi pemandangan Gunung Cikuray yang mencakar langit. 

Berbicara tentang Garut dan Tasik, di akhir tahun 2012 sempat terjadi perebutan area Talaga Bodas di antara keduanya. Selain objek wisata, warga Garut dan Tasik sempat berebut mata air yang berada di area Talaga Bodas. Tapi disini kita tidak akan membahas tentang perebutan itu. Kita akan bahas tentang keindahan Talaga Bodas yang banyak orang bilang mirip dengan keindahan kawah putih Ciwidey, Bandung. Terletak di perbatasan Kecamatan Pangatikan dan Kecamatan Wanaraja, menjadikan tempat ini destinasi wisatawan untuk hunting foto dan bersantai ataupun berendam di air belerang yang mempunyai khasiat untuk berbagai penyakit. 

Diresmikan awal tahun 2015 kemarin, membuat fasilitas Kawah Talaga Bodas semakin nyaman. Akses yang berawal dari alun-alun Wanaraja sudah mulai membaik. Di tengah perjalananpun anda akan ditemani keindahan hutan yang alami dan disana anda dapat melihat jelas Gunung Piramid (Gunung Sadahurip) yang fenomenal karena bentuknya menyerupai piramida. 




Selain jalan akses jalan yang semakin membaik, fasilitas warung jajanan dan kebersihan telihat semakin rapih. Tiket seharga Rp.5000,- bisa didapatkan pintu gerbang Talaga Bodas. Dari pintu masuk kawah, anda harus berjalan melewati area yang sedikit menanjak sekitar 500 m untuk mencapai area kawah Talaga Bodas atau anda juga bisa sewa motor seharga Rp.20.000 - Rp.30.000 selama anda berada di area kawah. 


Sebelum berjalan menuju kawah, anda akan melihat warung yang berjejer di area parkir. Anda bisa membeli makanan dan minuman untuk perbekalan anda selama di kawah. Perjalanan akan memakan waktu sekitar 20-30 menit jika anda memilih berjalan, dan jika anda memilih sewa motor anda cukup 5-10 menit saja. Setelah sampai di area kawah, anda bisa mmelihat keindahan kawah Talaga Bodas yang mengkolaborasikan hijaunya hutan, birunya langit dan putihnya kawah tersebut. Dari arah masuk area kawah, di sebelah kiri ada larangan untuk memasuki area. Hal ini dikarenakan tanah yang rawan longsor dan lembek. 




Ke arah sebelah kanan sekitar 150m anda akan bertemu dengan area camping Ground, area seluas 300 m menjadi area khusus mereka yang ingin mendirikan tenda dan berkemah di Talaga Bodas. 200m dari area Camping Ground anda akan memasuki area kolam rendam Talaga Bodas, disinilah anda bisa menikmati hangatnya air kawah Talaga Bodas. 






Agak sedikit melelahkan memang jika menyusuri Kawah Talaga Bodas dengan berjalan kaki, terlebih jika anda tidak suka berolahraga. Tapi rasa lelah akan terbayar oleh keindahan yang disuguhkan Kawah Talaga Bodas ini. Untuk kenyamanan anda berkeliling di Garut, kemanapun destinasi tempat wisatanya, pastikan HDG Team yang menemani anda. 

Related Posts

0 komentar: