Gunung Haruman Tempat Olahraga Paralayang

Sejak jaman dahulu kota Garut kaya akan potensi alamnya yang indah. Dengan udaranya yang sejuk mampu menghipnotis setiap wisatawan yang singgah di “Kota Intan” ini. Mulai dari pesona hutan, pegunungan, situ/danau yang indah, laut dengan ombak yang atraktif, sungai, pesawahan, perkebunan, sumber air panas, dan lain sebagainya.

Apabila anda berkunjung ke Kab. Garut untuk berwisata ada satu lagi tempat yang bisa ada kunjungi sebagai wisata sejarah. Tempatnya di daerah pegunungan yang sejuk dengan suasana  yang masih asri, yaitu gunung haruman. 



Gunung Haruman terletak di desa Haruman kecamatan kadungora , kabupaten Garut merupakan salah satu gunung di Garut yang di yakini menjadi tempat keberadaan benda peninggalan bersejarah, yakni batu yang berbentuk kepala kuda dan makam Syekh Jafar Sidik.

Menuruk kabid kebudayaan dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten garut, batu yang berbentuk kepala kuda tersebut di yakini oleh masyarakat warga sekitar sebagai peninggalan prabu Kiansantang. Sedangkan Syekh Jafar Sidik merupakan pemuka agama yang sangat berjasa dalam menyebarkan agama Islam pada jamannya.

Di kaki gunung haruman terdapat batu berbentuk kepala kuda. Berdasarkan penelitian dan kajian secara historis, batu tersebut merupakan batu Megalitik peninggalan jaman Pra-sejarah (Megalitikum = zaman batu besar). Dijelaskan bahwa batu yang berbentuk kepala kuda yang kondisinya masih sangat kasar itu merupakan tempat pemujaan yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pada jaman pra-sejarah, yakni jaman orang belum mengenal sejarah. 

Mereka sengaja menempatkan batu kepala kuda tersebut karena keyakinan pada masa itu yang masyarakatnya masih mempercayai hal-hal gaib dan berbau mistis. Kepercayaan adanya hal-hal gaib berlanjut hingga generasi-generasi berikutnya dan hal ini sulit untuk dihilangkan dari budaya masyarakat Indonesia khususnya sekalipun jaman sudah modern, karena kepercayaaan ini sudah berakar dari masa nenek moyang bangsa Indonesia yang mempercayai animisme dan dinamisme. 

Gunung Haruman saat ini menjadi salah satu Tempat Wisata di Garut yang biasa digunakan untuk Olahraga Paralayang. Para Pecinta Paragliding banyak yang mencoba untuk menikmati alam dan suasana Wisata di Garut dari ketinggian Gunung Haruman.
Posting Komentar