Wisata Arung Jeram Sungai Cimanuk Garut

shares

Ada rencana apa anda semua diakhir pekan? Ada rencana jalan-jalan keluar kota bersama keluarga, teman-teman atau bersama orang spesial? atau mau menghabiskan waktu liburan di alam terbuka bersama orang-orang tercinta. Dalam kesempatan ini Wisata Di Garut akan memberikan salah satu alternatif untuk menghabiskan waktu liburannya, namun kegiatan ini harus yang punya nyali besar. 

Dari sekian banyak tempat wisata di Kabupaten Garut, ada salah satu tempat untuk wisata extrim yang seru, menegangkan, asyik serta menantang, yaitu kegiatan wisata arung jeram di Garut. Untuk para penggemar arung jeram, saat berwisata ke Garut, tak ada salahnya untuk mencoba kegiatan wisata yang sangat menantang nyali ini untuk mencobanya. Tempat untuk melakukan arung jeram bisa di Sungai Cimanuk Garut. Sungai ini cukup deras apalagi saat musim hujan, sungai yang berada diantara kaki Gunung Papandayan dan Gunung Cikuray yang mengalir membelah kota Garut.

Karena aliran sungai ini mengalir melewati kota Garut menuju Sumedang, Majalengka, dan Cirebon. Sebelum kita melakukan kegiatan arung jeram di sungai cimanuk, pemandu kegiatan atau sipper akan melakukan briefing dulu kepada semua peserta yang akan melakukan arung jeram, setelah semua beres dan perlengkapannya sudah siap, maka kita akan diarahkan untuk menaiku perahu karet, saat naik keperahu karet, prasaan senang, takut, kwatir serta rasa tegang akan campur aduk jadi satu dalam diri kita. Tapi bagi yang akan melakukan kegiatan ini, tak perlu takut, namun harus punya nyali besar supaya saat perahu karet mulai menelusuri sungai, para peserta bisa bekerjasama bahu membahu menjalankan kegiatan tersebut. 

Nah saat kita berada diatas perahu karet dan sudah siap untuk mencoba nyali kita, kita jangan melupakan arahan yang sebelumnya diberitahu oleh pengelola area objek wisata arung jeram. Seperti Dancing, dancing adalah kita harus menggoyang-goyangkan perahu yang kita tumpangi kalau perahunya terjebak diantara bebatuan, apalagi sungai cikandang ini banyak sekali batu-batu besar. Intruksi yang selanjutnya adalah Boom, yang berarti kita harus menunduk dengan posisi tangan kita memegang ujung kayuh berada didasar perahu, ini berguna supaya kita tidak terlempar dari perahu karet saat akan bertabrakan dengan bebatuan atau perahu teman kita. 

Dan masih banyak lagi yang perlu diingat dari arahan yang diberikan, supaya kita yang sedang melakukan arung jeram aman dari hal-hal yang tidak diinginkan. Sungai Cimanuk yang banyak sekali batu besar, para peserta arung jeram harus extra disiplin dalam melakukannya dan harus mengikuti perintah skipper yang ada dibelakang mengikuti kita. Kegitan Arung Jeram yang sering dilakukan di Cimanuk adalah di daerah Padarek, Kecamatan Bayongbong Garut. Hanya beberapa kilo Meter dari pusat kota Garut dan 13 Km dari area wisata Cipanas Garut.

Related Posts

2 komentar: