Saung Budaya Ciburial Wisata Baru di Garut

shares

Kali ini Wisata Di Garut akan mengupas sekilas tentang Desa Wisata Ciburial, ini bukan tempat wisata Ciburial Bandung, melainkan Desa Wisata Budaya yang ada di Kabupaten Garut tepatnya di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang-Garut. Wisata Desa Saung Ciburial baru dibuka untuk umum belum lama, dengan berjalannya waktu Desa Wisata Ciburial sudah banyak yang datang ingin melihat langsung kegiatan dan suasana yang ada disini.





Tempat Wisata di Garut Desa Wisata Ciburial menyuguhkan berbagai permainan anak-anak dan dewasa, serta permainan anak-anak bahkan permainan jadul alias masa lalu yang tak dikenal oleh anak-anak jaman sekarang. Demi menjaga kelestarian budaya yang ada di Indonesia khusunya tatar sunda, Di Desa Wisata Ciburial para wisatawan akan menemukan seni budaya sunda dan pertanian milik warga setempat yang berada dilingkungan wisata desa tersebut, suasana perkampungan bisa kita rasakan saat tiba, kawasan pedesaan dimana penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli.

Di tempat objek wisata desa ciburial garut selain penduduknya yang masih menjada budaya sunda, kita juga bisa menikmati sejuknya udara yang tanpa polusi dengan panorama alam sangat indah, bila ada acara kegiatan budaya tingkat provinsi Jawa Barat saat kita berkunjung ke objek wisata ini, kita bisa sekalian melihatnya, salah satu yang pernah diadakan di Desa Wisata ini adalah Pagelaran Seni Budaya Pencak Silat Gajah Putih sejabar pada akhir tahun 2013.

Tujuan dari berdirinya Desa Wisata ini melainkan atas perkumpulan masyarakat Desa Sukalaksana Samarang, Kab. Garut yang menjadikan daerahnya sebagai Desa Wisata untuk menumbuhkan perekonomian warga sekitar khusunya. Tak hanya itu saja, Kepala Desa Sukalaksana ingin merubah pola pikir masyarakatnya untuk belajar mengembangkan ekonomi hijau dan kearifan lokal sebagai salah satu cara untuk menuju kesejahtraan hidup.

Desa Wisata Ciburil sering dikunjungi oleh beberapa wartawan media lokal maupun nasional untuk meliput kegiatan yang ada di area wisata desa ini yang program pengembangannya dilakukan sejak 2009bersama beberapa perusaan, salah satunya Chevron dan dibantu oleh Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) dan beberapa mitra lainnya dilapangan.

Adapun fasilitas yang sudah ada di sini adalah Saung Budaya, Ruang Pertemuan, dan Penginapan. Dalam pengembangan desa wisata ini, pihak pengembang telah mendatangkan tim pengajar dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung untuk memberikan pelatihan dalam pengembangan tempat wisata kepada pihak Tim Pengelola Desa Wisata Budaya Ciburial Garut.

Bagi wisatwan yang suka dengan pertanian, makan dapat belajar berkebun dan merawat holtikultura, bisa menikmati wisata air seperti balon air dan perahu-perahu kecil yang ada di kolam ikan yang luas, dan berendam dimata air ciburial.

Selain itu wisatawan juga dapat melihat dan ikut terlibat langsung ketempat kerajinan khas garut diantaranya membatik, kerajinan akar wangi, tas lipat dan pandai besi. Bagi yang ingin mengetahui lebih dalam tentang seni dan budaya sunda, bisa berkunjung ke padepokan seni dengan menampilkan beberapa atraksi seni khas sunda, salah satunya atraksi pencak silat, permainan tradisional dan masih banyak lainnya.

Related Posts

1 komentar: