Objek Wisata Curug Orok Yang Masih Alami

shares

Curug Orok, sebuah tempat wisata alam yang ada di Kabupaten Garut, Curug dalam bahasa Indonesia nya adalah air terjun, dan Orok adalah Bayi. Curug Orok orang sekitar menyebutnya, sebutan itu tak semena-mena begitu saja, namun ada sejarahnya. Sebutan Curug Orok menurut cerita masyarakat sekitar bahwa dahulu ada seseorang membuang bayinya ke air terjun tersebut, maka dari situlah awal mula nama Curug Orok. Curug orok berada di wilayah Kecamatan Cikajang menuju arah Pantai Rancabuaya Garut Selatan. Jarak tempuh menuju area objek wisata curug orok ini sekitar 1,5 jam dari pusat kota Garut, bila dari kantor Hotel Di Garut Bayongbong sekitar 1 Jam. 


Objek wisata Curug sudah lumayan dikenal oleh kalangan masyarakat luas, karena terlihat dari pengunjung yang datang kesini cukup banyak dari berbagai kota lainnya diluar Garut. Saat kami tim Hotel Di Garut mengunjungi ke objek wisata curug orok, pemandangan cukup indah disekitar objek wisata tersebut, hamparan perkebunan teh dan Gunung Papandayang yang menjulang tinggi sangat jelas terlihat dari halaman parkir Curug Orok (CO). 

Jalan raya Cikajang-Bungbulang, jalan yang menuju tempat curug orok lumayan cukup baik, namun bila kita ingin berkunjung ketempat ini harus sedia jaket tebal, karena cuaca yang sangat dingin, dan bila hujan turun kabut akan menyelimuti kita, jarak pandangpun hanya bisa dilihat beberapa meter saja. Fasilitas disekitar curug orok lumayan cukup berkembang, mulai dari warung-warung kecil dan penginapan serta kamar mandi umum disini sudah tersedia, namun kekurangan yang ada di area obejk wisata CO, yaitu tangga menuju kebawah tepatnya menuju area Curug Orok, tangga-tangga nya hanya di buat dari kayu dan adapula yang tanpa kayu alias tanah saja. Jadi kita harus ekstra hati-hati bila akan kebawah menuju curug, apalagi kalau habis hujan, tangga-tangga ini licin sekali. 

Dari atas atau dari penginapan Angling Dharma Curug Orok menuju ke area air terjunnya kurang lebih sekitar 100 Meter dengan jalanan menurun. 

Tim Wisata Di Garut meninjau kesana langsung saat hujan turun, jadi kami bisa melihat dan merasakan langsung apa yang dirasakan dan dilihat. Saat kami datang, para pengunjung lagi rame, menurut sang pengelola curug orok bahwa sebenarnya curug yang ada disepanjang curug orok ada 7 air terjun, namun yang baru dibuka adalah curug orok, dan masih penuturan dia bahwa diarea curug itu ada dua nama curug, bila yang besar namaanya Curug Orok, nah bila yang disebelah kirinya adalah Curug Cikahuripan dengan airnya yang sangat jernih, beda sekali dengan curug oroknya, bila hujan airnya jadi keruh, namun curug cikahuripan hujan juga, tetap airnya jernih, makanya banyak wisatawan yang datang kesini, main air dengan air terjun cikahuripan, walaupun airnya tak begitu deras, namun wisatawan lebih banyak memilih air terjun cikahuripan.

Related Posts

0 komentar: