Daftar Lengkap Pantai di Garut Selatan

Wisata Garut akan memberikan Daftar Lengkap Nama Pantai yang ada di wilayah Garut bagian Selatan, sebagai informasi buat anda para calon wisatawan yang ingin berlibur ke pantai yang ada di Kabupaten Garut-Jawa Barat yang tertarik dengan Panorama Alam di Pantai Selatan Garut. 

Selain pantai yang terkenal di Garut yaitu Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo dan Pantai Ranca Buaya. Masih ada 6 pantai lagi yang sangat indah, jadi menurut kami ada 9 pantai yang cocok untuk dikunjungi, semua pantai masih bersih dan alami, dengan gelombang ombak yang indah dan pasir putih yang bersih pula.











Berikut Daftar Lengkap Pantai yang ada di Kabupaten Garut :

Pertama: Pantai Gunung Geder.

Pantai ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat terutama yang ada di Kabupaten Garut, karena pantai Gunung Geder sudah dijadikan tempat wisata umum, melihat dari pengunjung disaat musim liburan, banyak wisatawan yang datang ke pantai tersebut baik lokal maupun dari luar jawa barat.

Di area Pantai Gunung Geder, Sejumlah fasilitas sudah tersedia di tempat ini namun masih belum begitu rame (kecuali musim liburan). Ketika memasuki bibir pantai nampak belum terawat dengan baik, banyak ranting yang terbawa ombak berserakan disana-sini mungkin akan lebih baik jika sampah ini dibersihkan. Kesan yang saya rasakan untuk pantai ini adalah pantai yang asli seperti belum terjamah oleh manusia. Karena belum terawat dengan baik, jadi suasananya apa adanya.

Ke dua: Pantai Taman Manalusu

Pantai yang satu ini sudah dikenal bail di Garut sendiri maupun di luar garut, seperti Bandung, Tasikmalaya dan Jakarta, sebagian massyarakat kota tersebut sudah banyak yang sudah berkunjung ke area wisata pantai Taman Manalusu. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona, selain panorama alam nya, pantai ini memiliki bunga karang dan rumput laut yang tumbuh di sepanjang bibir pantai pada kedalaman tertentu sehingga di sebutlah sebagai taman pantai.

Pantai Manalusu Garut, tidak hanya ada bunga karang dan rumput laut saja, Pantai Taman Manalusu juga kaya dengan ikan hias. Ikan hias ini tidak perlu di cari jauh sampai ke tengah laut, ikan-ikan ini ada di sela-sela karang yang terhampar sepanjang pantai. Ikan-ikan ini terbawa gelombang pasang dan terjebak di karang-karang ketika air laut menyusut, makanya bila anda berwisata pantai manalusu, jangan lupa untuk membawa alat penangkap ikan kecil, supaya anda bisa ikut rame-rame seperti wisatawan lainnya yang sibuk menangkap ikan hias dengan alat seadanya.

Ke tiga: Pantai Karang Tepas

Tujuan selanjutnya adalah Karang Tepas, tempat ini hanya bisa diakses melalui jalan setapak, beberapa kali bertanya kepada warga sekitar karena tidak ada petunjuk arah dari jalan utama. Karang Sebrotan. Karang Tepas sungguh menakjubkan, serasa sedang berada di depan geladak kapal yang sedang menerjang ombak. Tepas dalam bahasa sunda berarti teras depan rumah dan memang Karang Tepas seperti teras yang menghadap lautan lepas. Sebagian warga sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk memancing ikan.

Ke empat: Pantai Karang Sebrotan

Disebelah barat Karang Tepas terdapat sebuah karang lagi yang oleh warga setempat di sebut Karang Sebrotan, nama Karang Sebrotan di ambil karena ombak yang menghantam karang ini seperti menyemprot ke atas karang.

Ke Lima: Pantai Sodong Parat

Dari Karang Sebrotan ke arah barat kita akan melihat satu objek lagi yaitu Sodong Parat. Objek ini merupakan sebuah karang besar dan di bawahnya terdapat lubang yang tembus dari sisi satu ke sisi lainnya atau dalam bahasa sunda biasa di sebut parat.

Ke Enam: Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak adalah best spot dalam trip saya kali ini, saya mendapatkan moment view yang sangat indah dari mulai terang, mendung, hujan hingga sunset benar-benar luar biasa, lokasi nya tidak jauh dari Sodong Parat dan berada tepat di samping jalan raya lintas selatan menuju Rancabuaya dari arah Cijayana.
Pantai Cicalobak merupakan teluk kecil dengan batu karang di samping kiri kanan nya, karena menjorok ke darat ombak lautnya tidak terlalu besar dan air nya pun dangkal sehingga relatif aman untuk berenang.
Dari Pantai Cicalobak perjalanan dilanjutkan ke Puncak Guha, belum afdol jika anda berwisata ke Pantai Selatan Garut tanpa mengunjungi tempat ini.

Ke Tujuh: Puncak Guha
Puncak Guha merupakan sebuah bukit yang berada tepat di bibir pantai dan di bawah nya terdapat goa. Di goa ini terdapat banyak sekali lalay (kelelawar) dan anda bisa melihatnya dari atas karena terdapat sebuah lubang seperti sumur yang menyambung dengan goa di bawah bukit ini.

Ke Delapan: Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang berwisata ke Pantai Selatan Garut, selain keindahannya pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari mulai penginapan hingga rumah makan berjajar di sepanjang sisi pantai, anda juga bisa membeli ikan di sini karena terdapat pelabuhan kecil yang cukup ramai.

Ke Sembilan: Pantai Cidora

Tidak jauh dari Pantai Rancabuaya ada sebuah turunan ke kanan sebelum memasuki Pantai Rancabuaya, anda bisa berjalan kaki dari Pelabuhan Rancabuaya karena masih satu area tapi masyarakat sekitar menyebutnya Cidora. Jika anda lebih senang dengan suasana yang tidak terlalu ramai maka Cidora cocok untuk anda.

Ke Sepuluh : Pantai Cijayana

Wisata Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut Jawa Barat. Sekitar 4 - 5 waktu yang anda tempuh dari arah kota Garut. Wisata Pantai Cijayana ini memiliki konfigurasi lahan yang datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah sedang juga daya serap tanah yang masih sangat alami. Sebutan ". Laut di Atas Awan ." sebenarnya muncul karena deburan ombak yang berada di pantai itu yang mencapai satu meter yang membuat pantai tersebut seakan berada di atas kita. Pemandangan yang sangat menarik bukan dan mungkin sulit untuk dilihat di pantai lain.

Ke Sebelas : Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje memiliki keunikan-keunikan tersendiri, bagi kalian yang sering melakukan wisata ke pantai di Garut Selatan, anda pasti akan mengenal dan tahu keunikan apa yang ada di pantai ini. Usut punya usut, nih ternyata dilingkungan ini terdapat banyak tanaman pandan bidur yang bisa dimanfaatkan daunnya untuk dijadiakan berbagai kerajinan anyaman oleh masyarakat sekitar. Terdapat juga potensi wisa

Banyu Alam Resort Cipanas

Hotel Banyu Alam merupakan salah satu Resort dengan tingkat okupansi paling tinggi di kota Garut. Walaupun tempat ini tidak mempunyai kolam renang air panas sendiri akan tetapi karena setting dan konsep yang lumayan bagus banyak para wisatawan yang memilih akomodasi menginap di lokasi ini. 

Berada sangat dekat dengan Lokasi Rekreasi Cipanas Garut dimana berjejer puluhan penginapan kelas melati, Hotel Bintang 1, 2, 3 sampai dengan Hotel Bintang 4 Banyu Alam Resort walaupun belum lama dibangun akan tetapi saat ini penginapan ini merupakan resort favorit baik pada saat Weekend ataupun hari biasa.


Repeat Order dari para tamu cukup tinggi, ini menandakan tingkat kepuasan tamu yang menginap di Banyu Alam Resort Cipanas Garut termasuk kategori baik.

Wisata Garut merekomendasikan resort ini, dengan harga yang termasuk cukup murah untuk kelas Bungalow, seperti yang kita semua tahu saat ini harga sewa kamar, villa dan bungalow di kota Garut cukup mahal.

Untuk detail informasi dan harga sewa serta perbedaan type tiap bungalow serta melakukan over booking anda bisa langsung mengunjungi situs www.hoteldigarut.net


Penginapan Puncak Darajat Garut

Penginapan Puncak Darajat Garut merupakan satu tempat dan tujuan wisata di Garut yang berada di sekitar Kawah Darajat dan mempunyai Waterboom, Pemandian Air Panas dan Outbound baik Outbound untuk anak ataupun Outbound untuk Keluarga / Dewasa adalah Puncak Darajat Garut. Berada di lokasi paling tinggi di Km. 25 Kecamatan Pasirwangi Darajat sangat dekat dengan gerbang masuk ke area PT.Chevron Geothermal Indonesia, Ltd. (Darajat) - Kabupaten Garut.

Sayangnya pengelolaan Penginapan dan Hotel di Puncak Darajat masih sangat konvensional terlihat dari tidak adanya Publish Rate dan Coorporate Rate yang jelas bagi rombongan yang akan melakukan Outing Perusahaan ataupun Family Gathering sehingga banyak para calon wisatawan mengambil Paket Wisata di Darajat Pass ataupun Paket Tour ke Sinar Alam Darajat.




Padahal dilihat dari kapasitas daya tampung para wisatawan yang akan datang dan menginap disini lebih dari cukup dan termasuk yang paling banyak persediaan kamar serta Villanya dibanding kompetitornya seperti Darajat Pass Water Park dan Awit Sinar Alam Darajat.

Sayangnya Owner masih menerapkan manajemen kekeluargaan dan aturan yang tidak fix sehingga beberapa panitia Outing Perusahaan maupun Tour dan Travel yang merupakan ujung tombak dari market jasa Hotel dan Penginapan agak kurang merekomendasikan.








Padahal pemandangannya bagus serta fasilitas cukup lengkap, sayangnya sampai saat ini Owner belum menerapkan manajemen satu atap, jadi beberapa Villa, Kamar, Wisata Waterboom, Warung dan Outbound tidak terkondisikan dan termanage dalam satu komando.

Mudah-mudahan kedepannya Waterboom Puncak Darajat Garut yang juga mempunyai Hotel dan Penginapan Puncak Darajat bisa lebih mengoptimalkan sumber daya alam dan fasilitas secara maksimal. Kali ini Blog Wisata di Garut akan menyuguhkan beberapa Video dan Foto kamar, villa serta rute perjalanan menuju kawasan Wisata Waterboom Puncak Darajat Garut.

Kawasan Wisata Darajat Garut

Kabupaten Garut saat ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat luas, baik kehidupan masyarakatnya maupun beberapa tempat wisata yang ada di Kabupaten Garut. Garut sejak jaman dulu sudah dikenal dengan panorama alamnya yang molek dan elok, objek wisata di garut terbilang paling lengkap, dari wisata alam, wisata pantai, wisata tempat sejarah purbakala seperti tempat-tempat bersejarah pada jaman Kerajaan Prabu Siliwangi.

Daftar Tempat Wisata di Garut Jawa Barat


Dengan banyaknya pilihan yang ada di Kabupaten Garut, para wisatawan dihadapkan dengan banyak pilihan. Pantai Garut selatan, Objek wisata pemandian air panas, situ bagendit telah dikenal sampai kemancanegara. Selain tempat-tempat wisata yang tercantum diatas, kini Garut semakin mengokohkan diri sebagai salah satu daerah tujuan utama Pariwisata baik lokal maupun dari luar Garut, dengan tempat wisata yang potensial serta hadirnya objek wisata di kawasan Gunung Darajat.







Saat ini kawasan Gunung Darajat sebelah utara Gunung Papandayan menjadi idola para wisatawan. Panorama alam yang bagaikan nirwana menjadi daya tarik yang unik dan menjadikan kesan tersendiri bagi wisatawan saat melihat pemandangan alam di puncak darajat.

Hamparan lahan pertanian yang tentram dihiasi Pemandian Air Panas alami di kawsaan yang berhawa sejuk dengan kabut putih menyelimuti kita saat berada disana, ini mampu memanjakan wisatawan yang ingin melepaskan penat dari semua aktivitas sehari-hari. Beberapa tahun kebelakang, objek wisata Darajat hanya dikenal oleh masyarakat sekitar atau hanya oleh orang Garut Asli saja, dengan keindahan yang unik akhirnya menarik minat wisatawan dari daerah lain yang penasaran dengan panorama alam yang ada di Darajat.

Karena animo masyarakat terus meningkat dari tahun ketahun, sarana objek wiosata ditempat tersebut tumbuh signifikan. Hingga saat ini lebih dari 10 tempat wisata yang didominasi kolam pemandian air panas telah berdiri kiri kanan. Para pengelola kawasan ini saling menawarkan beragam fasilitas, dimulai dari ragam wisata air/ waterboom darajat, pemandian keluarga, pondok wisata dengan menghadirkan konsep pedesaan.

Sejak dimulainya explorasi tenaga uap untuk keperluan pembangkit listrik panas bumi /Geothermal,  tahun 1981. Kawasan Kecamatan Pasirwangi mulai tumbuh, tidak hanya pada sektor infrastruktur tetapi  juga berdampak pada tingkat kesejahteraan masyarakatnya. Kejelian memanfa’atkan potensi alam yang ada di sekitar kawasan proyek ini membawa dampak positif baik bagi perkembangan  dunia pariwisata di Kabupaten Garut.

Perusahaan multinasional Chevron Texaco yang mengelola sumber energi panas bumi yang ada di kawasan tersebut, berperan besar dalam menyediakan akses yang memadai ke lokasi eksplorasi. Sarana jalan raya yang terawat baik menjadi faktor yang memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Nah bagi para wisatawan yang ingin menikmati panorama alam yang eksotis, objek wisata darajat tentunya menjadi alternatif yang paling tepat untuk kita kunjungi bersama keluarga dan sanak saudara. Suasana pegunungan yang dingin sekali, tidak akan terasa tatkala kita berendam di kolam pemandian air panas alami.

Mengunjungi kawasan Darajat tidaklah sulit,jaraknya yang dekat dari pusat kota. Dari Ibukota Kabupaten Garut jarak tempuh hingga ke lokasi waktu yang diperlukan kurang lebih 30 Menit.

Sepanjang perjalanan mata kita akan dimanjakan dengan panorama alam yang indah,saat memasuki lokasi kita akan disambut dengan hamparan kebun-kebun sayuran yang luas menghijau, rimbunan pepohonan yang berjejer di jalanan akan menghadirkan suasana yang tentram.

Kontur jalan yang menanjak dan berbelok-belok tidak akan terasa berat karena pemandangan yang indah. Mungkin yang harus sedikit di perhatikan wisatawan hanya lebar jalan yang  sempit sehingga perlu berhati-hati, apalagi di saat akhir pekan ketika kunjungan mencapai puncaknya.

Banyaknya pilihan yang bisa memanjakan wisatawan disini, jadi kita harus menentukan pilihan sebelumnya, kolam - kolam pemandian air panas alami dengan beragam fasilitas dari yang paling  sederhana hingga yang dilengkapi dengan arena wisata anak,outbond dan waterboom semuanya bisa dikunjungi.

Puas berenang, wisatawan juga bisa melihat area luar eksplorasi panas bumi yang megah dan luas, meski tidak bisa masuk hingga area eksplorasi minimal wisatawan bisa melihat dan mengagumi kekayaan sumber daya alam Indonesia yang begitu hebat.

Kini berkunjung ke Garut “Swiss Van Java” tidak akan lengkap kalau belum menikmati kawasan wisata Darajat. Mari berkunjung melepas penat dari kesibukan dan hiruk pikuk kota.Mengajak keluarga dan memanjakan mereka dengan biaya yang terjangkau tentu pilihan yang bijaksana. Wisata Alam Darajat Garut kian populer dan menjadi alternatif lokasi rekreasi yang aman disaat Gunung Guntur dalam status waspada.

Enjoy The Diamond City!