Daftar Lengkap Pantai di Garut Selatan

Wisata Garut akan memberikan Daftar Lengkap Nama Pantai yang ada di wilayah Garut bagian Selatan, sebagai informasi buat anda para calon wisatawan yang ingin berlibur ke pantai yang ada di Kabupaten Garut-Jawa Barat yang tertarik dengan Panorama Alam di Pantai Selatan Garut. 

Selain pantai yang terkenal di Garut yaitu Pantai Sayang Heulang, Pantai Santolo dan Pantai Ranca Buaya. Masih ada 6 pantai lagi yang sangat indah, jadi menurut kami ada 9 pantai yang cocok untuk dikunjungi, semua pantai masih bersih dan alami, dengan gelombang ombak yang indah dan pasir putih yang bersih pula.











Berikut Daftar Lengkap Pantai yang ada di Kabupaten Garut :

Pertama: Pantai Gunung Geder.

Pantai ini sudah mulai dikenal oleh masyarakat terutama yang ada di Kabupaten Garut, karena pantai Gunung Geder sudah dijadikan tempat wisata umum, melihat dari pengunjung disaat musim liburan, banyak wisatawan yang datang ke pantai tersebut baik lokal maupun dari luar jawa barat.

Di area Pantai Gunung Geder, Sejumlah fasilitas sudah tersedia di tempat ini namun masih belum begitu rame (kecuali musim liburan). Ketika memasuki bibir pantai nampak belum terawat dengan baik, banyak ranting yang terbawa ombak berserakan disana-sini mungkin akan lebih baik jika sampah ini dibersihkan. Kesan yang saya rasakan untuk pantai ini adalah pantai yang asli seperti belum terjamah oleh manusia. Karena belum terawat dengan baik, jadi suasananya apa adanya.

Ke dua: Pantai Taman Manalusu

Pantai yang satu ini sudah dikenal bail di Garut sendiri maupun di luar garut, seperti Bandung, Tasikmalaya dan Jakarta, sebagian massyarakat kota tersebut sudah banyak yang sudah berkunjung ke area wisata pantai Taman Manalusu. Pantai ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona, selain panorama alam nya, pantai ini memiliki bunga karang dan rumput laut yang tumbuh di sepanjang bibir pantai pada kedalaman tertentu sehingga di sebutlah sebagai taman pantai.

Pantai Manalusu Garut, tidak hanya ada bunga karang dan rumput laut saja, Pantai Taman Manalusu juga kaya dengan ikan hias. Ikan hias ini tidak perlu di cari jauh sampai ke tengah laut, ikan-ikan ini ada di sela-sela karang yang terhampar sepanjang pantai. Ikan-ikan ini terbawa gelombang pasang dan terjebak di karang-karang ketika air laut menyusut, makanya bila anda berwisata pantai manalusu, jangan lupa untuk membawa alat penangkap ikan kecil, supaya anda bisa ikut rame-rame seperti wisatawan lainnya yang sibuk menangkap ikan hias dengan alat seadanya.

Ke tiga: Pantai Karang Tepas

Tujuan selanjutnya adalah Karang Tepas, tempat ini hanya bisa diakses melalui jalan setapak, beberapa kali bertanya kepada warga sekitar karena tidak ada petunjuk arah dari jalan utama. Karang Sebrotan. Karang Tepas sungguh menakjubkan, serasa sedang berada di depan geladak kapal yang sedang menerjang ombak. Tepas dalam bahasa sunda berarti teras depan rumah dan memang Karang Tepas seperti teras yang menghadap lautan lepas. Sebagian warga sekitar sering menggunakan tempat ini sebagai tempat untuk memancing ikan.

Ke empat: Pantai Karang Sebrotan

Disebelah barat Karang Tepas terdapat sebuah karang lagi yang oleh warga setempat di sebut Karang Sebrotan, nama Karang Sebrotan di ambil karena ombak yang menghantam karang ini seperti menyemprot ke atas karang.

Ke Lima: Pantai Sodong Parat

Dari Karang Sebrotan ke arah barat kita akan melihat satu objek lagi yaitu Sodong Parat. Objek ini merupakan sebuah karang besar dan di bawahnya terdapat lubang yang tembus dari sisi satu ke sisi lainnya atau dalam bahasa sunda biasa di sebut parat.

Ke Enam: Pantai Cicalobak

Pantai Cicalobak adalah best spot dalam trip saya kali ini, saya mendapatkan moment view yang sangat indah dari mulai terang, mendung, hujan hingga sunset benar-benar luar biasa, lokasi nya tidak jauh dari Sodong Parat dan berada tepat di samping jalan raya lintas selatan menuju Rancabuaya dari arah Cijayana.
Pantai Cicalobak merupakan teluk kecil dengan batu karang di samping kiri kanan nya, karena menjorok ke darat ombak lautnya tidak terlalu besar dan air nya pun dangkal sehingga relatif aman untuk berenang.
Dari Pantai Cicalobak perjalanan dilanjutkan ke Puncak Guha, belum afdol jika anda berwisata ke Pantai Selatan Garut tanpa mengunjungi tempat ini.

Ke Tujuh: Puncak Guha
Puncak Guha merupakan sebuah bukit yang berada tepat di bibir pantai dan di bawah nya terdapat goa. Di goa ini terdapat banyak sekali lalay (kelelawar) dan anda bisa melihatnya dari atas karena terdapat sebuah lubang seperti sumur yang menyambung dengan goa di bawah bukit ini.

Ke Delapan: Pantai Rancabuaya

Pantai Rancabuaya merupakan tujuan utama dari sebagian besar wisatawan yang berwisata ke Pantai Selatan Garut, selain keindahannya pantai ini juga sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap dari mulai penginapan hingga rumah makan berjajar di sepanjang sisi pantai, anda juga bisa membeli ikan di sini karena terdapat pelabuhan kecil yang cukup ramai.

Ke Sembilan: Pantai Cidora

Tidak jauh dari Pantai Rancabuaya ada sebuah turunan ke kanan sebelum memasuki Pantai Rancabuaya, anda bisa berjalan kaki dari Pelabuhan Rancabuaya karena masih satu area tapi masyarakat sekitar menyebutnya Cidora. Jika anda lebih senang dengan suasana yang tidak terlalu ramai maka Cidora cocok untuk anda.

Ke Sepuluh : Pantai Cijayana

Wisata Pantai Cijayana terletak di Desa Cijayana, Kecamatan Bungbulang, Garut Jawa Barat. Sekitar 4 - 5 waktu yang anda tempuh dari arah kota Garut. Wisata Pantai Cijayana ini memiliki konfigurasi lahan yang datar dengan kemiringan yang landai serta stabilitas tanah sedang juga daya serap tanah yang masih sangat alami. Sebutan ". Laut di Atas Awan ." sebenarnya muncul karena deburan ombak yang berada di pantai itu yang mencapai satu meter yang membuat pantai tersebut seakan berada di atas kita. Pemandangan yang sangat menarik bukan dan mungkin sulit untuk dilihat di pantai lain.

Ke Sebelas : Pantai Karang Paranje

Pantai Karang Paranje memiliki keunikan-keunikan tersendiri, bagi kalian yang sering melakukan wisata ke pantai di Garut Selatan, anda pasti akan mengenal dan tahu keunikan apa yang ada di pantai ini. Usut punya usut, nih ternyata dilingkungan ini terdapat banyak tanaman pandan bidur yang bisa dimanfaatkan daunnya untuk dijadiakan berbagai kerajinan anyaman oleh masyarakat sekitar. Terdapat juga potensi wisa
Posting Komentar