Situ Cangkuang Garut Jawa Barat

shares

Situ (danau) Cangkuang yang terletak di Kecamatan Leles ini memang tidak terlalu besar dengan situ-situ kebanyakan. Tempatnya memang bagus tapi untuk masuk kesana cukup terjangkau kalangan bawah. Walaupun tidak memiliki situ yang besar tapi cukup untuk berakit-rakit dengan rakit yang terbuat dari bambu.
Penarik rakitnya pun kebanyakan orang sekitar Desa Cangkuang. Situ Cangkuang Garut pun mengandung nilai sejarah yang sangat kental itupun alas an wisatawan datang kesana. Hal yang menarik dari situ cangkuang adanya Candi Hindu kecil yang ditemukan tahun 1966 ini.






Candi Cangkuang Garut ini menjadi satu-satunya Candi Hindu yang ditemukan di daratan Sunda dan yang menariknya lagi candi itu terdapat di pulau kecil di tengah Situ Cangkuang ini merupaka salah satu Objek Wisata di Garut yang mengandung nilai Budaya dan Sejarah. Tempat Wisata di Garut ini adalah merupakan salah satu yang terbaik diantara yang terbaik yang ada di Garut

Seperti yang disebutkan bahwa Kawasan situ cangkuang kental dengan nilai sejarah, karena selain candi yang bisa kita temukan ada juga makam kuno sejarah Islam yaitu Arief Muhammad yang dianggap penduduk setempat sebagi leluhur mereka. Memang cukup aneh peninggalan sejarah Hindu dan Islam bisa menyatu, itu yang membuat menarik tempat ini. 

Diperkirakan kedua benda tersebut bukan dari zaman yang sama, maka dari itu tempat ini juga sering menjadi karyawisata siswa maupun mahasiswa. Selain candi dan makam yang menjadi daya tarik pengunjung, ada suatu pemukiman kecil yang terdapat disana, namanya kampung pulo. 

Sekilas mendengar namanya kampung ini biasa-biasa saja, tapi bila dilihat hanya ada 7 rumah yang terdapat dan dari dulu hingga sekarang hanya ada 7 rumah dan 7 kepala keluarga yang terdapat itu menjadi sesuatu yang unik dan aneh. Itu merupakan tradisi yang masih di pertahankan oleh penduduk asli kampung pulo yang leluhurnya adalah Arief Muhammad. 

Selain beberapa kronolagi sejarah yang terdapat disana, ada museum yang bisa menjadi tempat menarik berikutnya, ada reflika candi cangkuang yang bagus. Dan jangan khawatir untuk anda pengunjung yang senaang berbelanja karena disana tersedia tempat belanja khas Situ Cangkuang. Nah mungkin ini bisa menjadi referensi liburan anda dan keluarga.

Related Posts

1 komentar: