Awit Sinar Alam Darajat Garut

Kolam Renang Air Panas Awit Sinar Alam Darajat menjadi tujuan kami dan teman-teman untuk Wisata di Garut kali ini. Setelah kemarin berkesempatan berkunjung Ke objek Waterboom Darajat Pass Garut, hari keduanya berkunjung ke Pemandian Awit Sinar Alam Darajat Garut, Bersama sahabat lama dari kota bandung. Darajat adalah tempat objek wisata yang menjadi favorit para wisatawan lokal maupun dari luar Garut, karena dengan pemandangan yang begitu indah, kabut putih menyambut kami pas kami semua sampai ditempat tujuan yaitu ke awit sinar alam darajat.

Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 Menit perjalanan menggunakan Mobil, kami langsung menuju halaman parkir yang sudah disediakan oleh awit sinar alam, tempat parkir disini lumayan cukup luas, jadi tidak usah repot mencari lokasi untuk memarkirkan kendaraan kita saat masuk ke area tempat wisata yang ada di Darajat.

Setelah memarkirkan kendaraan yang kami gunakan, kami langsung menuju ke dalam tempat dimana kami akan berendam dan menikmati air panas yang ada di area Awit Sinar Alam, air panas disini terbilang air panas paling bersih yang ada di area Darajat. Di Awit sinar alam ini tersedia beberapa kolam, mulai dari ukuran besar sampai yang kecil dengan berbagai ukuran kedalaman yang berbeda-beda.

Mulai dari ukuran 60 Cm sampai dengan 140 Cm. Saat kami sudah mengganti pakaian renang, kami langsung  menuju ke kolam kecil yang kedalamannya cuma 60 CM, ternyata air panasnya sangat menujuk ke tubuh. Dengan kepulan asap dari air panas, kami semua berendam hanya kaki saja karena masih merasakan panas, namun lama kelamaan panas itu mulai tak terasa karena cuaca disana cukup dingin sekali.

Setelah menikmati air panas yang ada di kolam kecil, kami bergerak menuju ke kolam yang lebih luas dengan kedalaman 140 cm, nah kalau dikolam besar, airnya cukup hangat untuk berenang, dengan air mancur yang keluar dari kiri kanan dari mulut patung ikan lumba-lumba yang berjejer rapi di samping kolam, namun jangan coba-coba menahan semburan air yang keluar dari mulut patung ikan lumba-lumba, karena airnya sangat panas sekali, ini pengalaman saya, saat berenang saya menggunakan pakaian, saat punggung diarahkan keair yang yang keluar dari mulut patung ikan tersebut, saya tidak kuat, teman-teman juga penasaran ingin mencobanya, dan ternyata semuanya gak ada yang kuat dengan air panas itu.

Menurut teman yang datang dari bandung, yaitu Muhammad Ihksan Alfath dan Lintang, suasana di awit sinar alam ini cukut indah dengan panorama alam yang menakjubkan, kabut putih mengelilingi kita semua, ada juga sebagian kabut turun kekolam, menjadikan kolam tempat dimana kita berenang menjadi putih dengan kabut yang indah. Sungguh pengalaman yang tak bisa terlupakan, tandasnya.

Selain Waterboom Darajat Pass lokasi ini bisa dijadikan sebagai salah satu alternatif  tempat wisata waterboom yang cukup bagus sebagai Kolam Renang dan Pemandian Air Panas di sekitar wilayah Kawah Puncak Darajat Garut. Disana juga tersedia Villa dan Bungalow di Darajat Garut.

Awit sinar alam berada di Jalan Darajat KM 24 Pasirwangi-Garut. Begitu masuk, cukup terasa konsep suasana pedesaannya. Terdapat beberapa pondok bambu yang menghiasi taman-taman sekitar kolam yang bisa dijadikan tempat beristirahat sejenak sebelum mulai berendam.

Kolam air panas terdapat di bagian paling bawah dari lokasi ini. Suasana yang masih sepi masih leluasa untuk dinikmati. Jadi jika tidak terlalu suka dengan keramaian, datanglah pagi-pagi kesini atau jangan di hari libur/week end.

Selain kolam air panas, terdapat juga kolam bermain anak-anak. Walau airnya tidak cukup panas atau memang disedikannya hanya air dingin cukup lah untuk ukuran anak-anak. Tak terasa sudah hampir 2 jam menikati suasana di Awit Sinar Alam Darajat ini. Pengunjung pun sudah semakin ramai. Pertanda harus rela bergantian dengan yang lainnya, karena di darajat semakin sore pengunjung semakin banyak.

Awit Sinar Alam Darajat juga menyediakan penginapan untuk pengunjungnya. Tepat di bawah sarana kolam pemandian anak. Untuk info harga bisa menghubungi data center Tour dan Travel Hotel Di Garut yang beralamat di www.hoteldigarut.net. Berendam di air hangat lumayan membantu menghilangkan rasa stress yang melanda kita. Apalagi ini air panas murni langsung dari pegunungan, masih tercium aroma belerangnya.