Wisata Alam Pantai Rancabuaya

shares

Setelah sebelumnya kita diberikan info mengenai Villa dan Bungalow di Puncak Darajat serta Objek Wisata Kawah Kamojang kali ini kami akan membahas tentang Objek Wisata Pantai Rancabuaya, sebuah pantai yang sudah tak asing lagi bagi wisatawan yang sering mengunjungi kabupaten Garut sebelah selatan, Rancabuaya adalah tempat wisata yang menawarkan keindahan alam dan laut yang bisa kita nikmati saat tenggelam matahari saat menjelang petang tiba. Tempat wisata di Kabupaten Garut memang memiliki banyak pilihan, baik wisata alam, gunung, air terjun, sungai dan laut.

Karena Garut itu memiliki tujuh pantai yang cocok dijadikan tempat wisata yang bisa kita jelajahi, jadi kita butuh waktu luang yang sangat banyak untuk bisa menikmati semua keindahan alam, pantai yang ada di Kabupaten Garut. Lingkungan Alam Fisik Rancabuaya Garut.





Pantai Rancabuaya memiliki ketinggian 0-200 m di atas permukaan laut, curah hujan sebesar 1.200 mm/tahun dengan penyinaran matahari yang sedang dan kekuatan tiupan angin kecil. Perairan pantai berwarna biru, bau air normal, dan temperatur normal. Tinggi gelombang rata-rata kurang dari 1 meter, dan material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai.

Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan gang gang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang. Daerah pesisir pantai yang landai ini memiliki material berupa pasir halus putih bersih, dengan panjang 1.000-2.000 dan lebar 100-200 m, serta tingkat abrasi yang kecil, sehingga stabilitas pantainya cukup baik.

Flora dominan yang berada di tepi pantai adalah pohon kelapa dan pohon ketapang. Pantai Rancabuaya memiliki kualitas lingkungan dan kebersihan yang baik, dan hampir tidak terdapat berbagai bentuk pencemaran. Pantai ini memiliki visabilitas bebas dengan tingkat kebisingan yang rendah.

Pantai Raneabuaya yang terletak di desa Purbayani Kecamatan Caringin ini memiliki luas 10 ha dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha. Oari seluruh area tersebut yang telah dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas wisata sebesar 2 ha.

Sumber listrik di kecamatan ini yang berasal dari PLN dengan tegangan 220 volt dan distribusi yang baik, sedangkan sumber air bersih berasal dari Sungai Cihideung dan Sungai Cihrashas yang mempunyai kualitas air yang jemih, rasa air tawar, dan tidak berbau.

Untuk sistem pembuangan limbah di kawasan pantai mempergunakan tempat sampah non-permanen yang tersebar di dalam area pantai. Sistem komunikasi di kawasan ini menggunakan telepon dengan jumlah yang memadai.

Ada 2 sifat kegiatan pariwisata yang dapat dilakukan oleh para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini, yaitu yang bersifat aktif hiking dan tracking serta yang bersifat pasif yaitu menikmati pemandangan. Status kepemilikan lahan area pantai Rancabuaya adalah 70% tanah milik dan sisanya adalah tanah desa, sedangkan pengelolaannya dilakukan oleh Kompepar (Kelompok penggerak pariwisata) yang anggotanya terdiri dari masyarakat setempat.

Related Posts

2 komentar: