Panorama Alam Yang Eksotis Pantai Garut Selatan

Kabupaten Garut adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Barat. Garut terkenal dengan makanan khasnya, yaitu Dodol Garut yang sudah sampai ke mancanegara. Dibalik itu, garut menyimpan beberapa keindahan alam yang sangat banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun dari luar kabupaten Garut.

Mulai dari bagian utara hingga selatan Garut memiliki cukup banyak tempat wisata alam yang terindah. Apa saja lokasi rekreasi terindah yang ada di Kabupaten Garut bagian selatan? mari kita simak bersama-sama panorama alam Garut yang menakjubkan.

Pantai Cijeruk Indah

Pantai ini terletak di Garut Selatan, pantai yang menjadi idola wisatawan, karena pantai yang satu ini menjadi daya tarik wisata pantai di Kabuoaten Garut, letaknya di Desa Sagara-Pameungpeuk Kab. Garut.Objek wisata pantai ini dikelola oleh Kompepar Yayasan Cijeruk Indah, dengan status kepemilikan oleh BKSDA dan Perkebunan yang ada diwilayah tersebut. Pantai Cijeruk Indah ini adalah pantai yang berbatasan dengan Samudera Hindia di selatan dan Cipatujah di Timur.

Tempat wisata ini belum dimanfaatkan dengan maksimal oleh pemerintah setempat sebagai obyek wisata. Kalau dilihat dari karakteristiknya, pantai ini memiliki keunikan dan layak dijadikan sebagai tempat wisata, baik untuk turis lokal ataupun mancanegara. Pantai ini memiliki kemiringan permukaan pantai yang landai, dimana daya serap tanah di tempat ini cukup baik.

Pasir memenuhi hampir seluruh daratan di sekitar Cijeruk Indah ini. Sedangkan air lautnya memiliki warna yang cukup unik, pada kawasan pantai berwarna biru, dan berwarna hijau kecoklatan pada bagian pertemuan muara dengan air laut. Tinggi gelombang di pantai ini biasanya mencapai 1 meter, jadi cukup aman untuk berenang di sekitar pantainya. Flora dan fauna di sekitar pantai Cijeruk cukup beragam, di sana terdapat banyak rumput laut, ikan hias, siput, cangkel, dan kerang. Pasir di pantai ini sangat halus dan berwarna putih bersih.

Pantai Karangparanje.
Pantai Karangparanje juga menawarkan keindahan alam yang begitu indah dan banyak dikunjungi oleh wisatawan yang ingin menikmati pantai garut selatan, pantai ini terletak di Kecamatan Cibalong, Kabupaten Garut.

Pantai Karang Paranje adalah salah satu objek wisata pantai di Kabupaten Garut yang belum dikembangkan menjadi objek wisata, dan memiliki temperatur antara 17-27°C. Sinar matahari di pantai ini rata-rata terik dan mempunyai tiupan angin yang besar. Pantai ini mempunyai potensi wisata berupa keindahan alam pantai dengan terdapatnya gugusan karang di tepi pantai, sehingga pantai ini memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri.

Di pantai ini juga dapat dinikmati suasana sore yang eksotis dari matahari terbenam (sunset) secara jelas. Pantai Karang Paranje memiliki keindahan alam yang memesona dan memanjakan pengunjung. Wisatawan dapat mendaki gunungan karang di ujung pantai. Dari puncak karang, terlihat luasnya samudera yang berbatasan langsung dengan Australia dan hamparan pantai selatan Garut yang sangat luas, sejauh mata memandang.

1 komentar :

Rigan Riyan mengatakan...

Apakah ad penginapan di cijeruk indah buat kita ana2 motor